Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 14 Nov 2019 10:20 WIB

Mengenal Eco Racing, Bisnis MLM Penghemat BBM Eks Investasi Ilegal

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Screenshoot Website Eco Racing Foto: Screenshoot Website Eco Racing
Jakarta - PT Bandung Eco Sinergi Teknologi (BEST) sempat booming sejak 2017 lantaran produk ini menawarkan peluang usaha berkonsep Multi Level Marketing (MLM). Perusahaan ini menjual 'obat' penghemat BBM bermerek Eco Racing.

BEST sendiri sempat masuk dalam salah satu entitas yang dikategorikan tidak memiliki izin usaha pemasaran produk dan penawaran investasi oleh Satgas Waspada Investasi pada Mei 2018 lalu. Pasalnya entitas tersebut dinilai berpotensi merugikan masyarakat karena imbal hasil atau keuntungan yang tidak masuk akal.

Namun pada Oktober 2019 Satgas Waspada Investasi mengumumkan bahwa terdapat empat entitas yang telah mendapatkan izin usaha, di mana salah satunya BEST. Perusahaan ini disebut telah memperoleh izin untuk melakukan kegiatan penjualan produk dengan sistem multi level marketing.



detikcom mencoba melakukan penelusuran melalui Google. Ternyata cukup banyak situs yang menawarkan produk Eco Racing beserta juga skema bisnisnya.

Untuk penjualan produk dibagi beberapa paket. Paling murah paket 1 seharga Rp 1 juta yang akan mendapatkan produk senilai Rp 1,25 juta. Paket tersebut mendapatkan salah satu produk BEST yang terdiri dari Eco Motor, Eco Mobil, Eco Diesel, Ecomaxx Coffee, Habspro dan produk lainnya.

Ada juga paket lainnya hingga yang termahal paket 31 lisensi seharga Rp 31 juta.

Selain itu, para anggota BEST juga menawarkan peluang berkonsep direct selling atau MLM. Nah konsep ini menawarkan beberapa bonus, salah satunya bonus sponsor yang akan mendapatkan Rp 100 ribu setiap kali menjual 1 paket usaha.

Ada juga bonus pengembangan atau mereka menyebutnya bonus pasangan. Bonus ini diberikan kepada leader setiap mendapatkan dua mitra. Untuk satu pasangan mendapatkan Rp 40 ribu yang dibayarkan per minggu. Jika mitra di bawahnya mendapatkan mitra lagi maka juga akan mendapatkan bonus pengembangan setiap ada mitra pasangan.

Selain itu ada juta bonus triple reward. Bonusnya beragam mulai dari handphone, mobil, villa, yacht hingga umroh dan haji.



Simak Video "Wishnutama Tekan Aplikasi Asing Berinvestasi Langsung di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com