Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 14 Nov 2019 12:00 WIB

Sudah Dapat Izin, Amankah Bisnis MLM Eco Racing?

Danang Sugianto - detikFinance
Ketua Tim Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing/Foto: Sylke Febrina Laucereno - detikfinance Ketua Tim Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing/Foto: Sylke Febrina Laucereno - detikfinance
Jakarta - PT Bandung Eco Sinergi Teknologi (BEST), sebuah perusahaan yang menjual obat penghemat BBM bermerek Eco Racing sempat masuk daftar hitam Satgas Investasi. Namun kini perusahaan berkonsep Multi Level Marketing (MLM) sudah berizin dan keluar dari daftar itu.

Ketua Tim Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing mengatakan, BEST saat ini sudah mengantongi surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) dari Kementerian Perdagangan. Namun dia menegaskan, bahwa perusahaan itu tak luput dari pengawasan.

"Sudah ada izin, tapi Satgas dan Kemendag tetap monitor kegiatannya," ujarnya kepada detikcom, Kamis (14/11/2019).

Meski begitu, Tongam menekankan bahwa pihaknya tidak menjamin MLM BEST aman. Sebab risiko dari usaha MLM tergantung yang mengelolanya.

"Kami tidak bilang aman atau tidak, karena operasionalnya tergantung pada individu yg mengelola, bukan ditentukan Satgas," ucapnya.



Bisnis MLM eco racing sendiri menjual produk yang dibagi dalam beberapa paket. Paling murah paket 1 seharga Rp 1 juta yang akan mendapatkan produk senilai Rp 1,25 juta. Yang didapatkan adalah produk BEST yang terdiri dari Eco Motor, Eco Mobil, Eco Diesel, Ecomaxx Coffee, Habspro dan produk lainnya. Ada juga paket lainnya hingga yang termahal paket 31 lisensi seharga Rp 31 juta.

Di samping itu, para anggota BEST juga menawarkan peluang berkonsep direct selling atau MLM. Nah konsep ini menawarkan beberapa bonus. Salah satunya bonus sponsor, yang akan mendapatkan Rp 100 ribu setiap kali menjual 1 paket usaha.

Ada juga bonus pengembangan atau mereka menyebutnya bonus pasangan. Bonus ini diberikan kepada leader setiap mendapatkan dua mitra. Untuk satu pasangan mendapatkan Rp 40 ribu yang dibayarkan per minggu. Jika mitra di bawahnya mendapatkan mitra lagi maka juga akan mendapatkan bonus pengembangan setiap ada mitra pasangan.

Menurut penjelasan dari website salah satu anggotanya, BEST menerapkan sistem flash out yang membatasi bonus pasangan agar tidak over paid. Batasannya 12 pasangan per lisensi per hari. Kelebihannya tetap dibayarkan dalam bentuk bonus lainnya

Selain itu ada juta bonus triple reward. Bonusnya beragam mulai dari handphone, mobil, villa, yacht hingga umroh dan haji.



Simak Video "Ini Harley-Brompton Ilegal di Garuda yang Rugikan Negara Rp 1,5 M"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com