Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Nov 2019 11:40 WIB

Perpres Badan Otorita Ibu Kota Baru Rampung Akhir Tahun

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Suharso Monoarfa di Istana (Andhika Prasetia/detikcom) Foto: Suharso Monoarfa di Istana (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan bahwa peraturan presiden (perpres) Badan Otorita Ibu Kota Negara bakal rampung akhir tahun ini.

"Ya mudah-mudahan akhir tahun ini sudah selesai (perpresnya)," kata dia ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Hari ini pihaknya telah membahas rencana pembentukan badan otorita tersebut dengan sejumlah menteri dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kita menginisiasi para pihak, para stakeholder dalam penyusunan peraturan presiden badan otorita persiapan dan pembangunan, pemindahan ibu kota negara," jelasnya.


Berkaitan dengan persiapannya, menurut dia banyak hal yang menjadi isu dan perlu dibahas.

"Akan ada persiapannya. Jadi karena memang banyak isu di dalam pembentukan ibu kota negara ini, misalnya daerah otonomnya seperti apa, daerah istimewanya seperti apa, daerah government district-nya itu seperti apa. Ini kan harus ditentukan, didefinisikan," tambahnya.

Sebagai informasi, pagi tadi digelar rapat membahas badan otorita ibu kota negara. Itu dihadiri Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.



Pantauan detikcom, di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Jumat (15/11/2019), kepala daerah juga tampak ada yang hadir, yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Simak Video "Wishnutama Tekan Aplikasi Asing Berinvestasi Langsung di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com