Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Nov 2019 11:43 WIB

Anies Bicara Nasib Jakarta Setelah Ibu Kota Pindah

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bicara soal nasib Provinsi DKI Jakarta selepas jadi mantan ibu kota negara pada 2024 nanti. Anies bilang Jakarta tetap akan jadi pusat perekonomian, dan segala rencana pembangunan di Jakarta akan terus dilanjutkan.

"Pemerintah pusat itu terus akan melaksanakan rencana pembangunan yang sudah disepakati untuk di Jakarta. Jadi PR-PR yang ada di Jakarta tetap akan diselesaikan bersama antara Pemprov DKI dengan pemerintah pusat, bersama dengan proses pembangunan di Kalimantan Timur," kata Anies usai menghadiri rapat pembentukan Badan Otorita IKN di kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Anies mengatakan, utamanya pembangunan fasilitas transportasi di Jakarta yang jadi sorotan utama.

"Khususnya transportasi," tutur Anies.


Anies juga berharap berpindahnya ibu kota tetap mengakomodir Jakarta sebagai pusat perekonomian. Dia ingin hal tersebut juga dibahas dalam aturan pembentukan ibu kota baru tersebut.

"Harus dipastikan bahwa untuk peran perekonomian di Jakarta itu terfasilitasi di dalam peraturan yang baru. Karena Jakarta akan ditempatkan sebagai pusat perekonomian," katanya.

Pemerintah sendiri tengah merancang pembentukan Badan Otorita Persiapan, Pemindahan, dan pembangunan Ibu Kota Negara. Badan tersebut yang akan terjun langsung dalam pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur (Kaltim).



Simak Video "Wajah Ibu Kota Baru di Benak Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com