Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Nov 2019 20:30 WIB

Ada Potensi Investasi Rp 1.000 T Lebih Siap Guyur Indonesia

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Bahlil Lahadalia (Andhika Prasetia/detikcom). Foto: Bahlil Lahadalia (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan ada potensi investasi di atas Rp 1.000 triliun yang siap mengguyur Indonesia. Namun sayangnya dana tersebut masih ada yang 'nyangkut' di perizinan dan sisanya terkendala hal lain.

Bahlil menyebut angka tersebut didapatkan dari hasil sinkronisasi terhadap potensi investasi yang akan dilakukan tahun 2020.

"Ada potensi untuk bisa sampai Rp 1.000 triliun lebih. Angka-angka pastinya nanti setelah ada izinnya sudah masuk, baru kami umumkan. Tapi yang jelas, investasinya di atas Rp 1.000 triliun," kata dia di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Jumat (15/11/2019).


Bahlil melanjutkan bahwa angka tersebut merupakan perpaduan dengan yang telah dia laporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang mana ada investasi Rp 700 triliun yang sudah terdata.

"Beberapa hari lalu kami melaporkan kepada Presiden bahwa investasi yang eksisting yang terdaftar di BKPM, yang terkait dengan izinnya sudah ada Rp 700 triliun," jelasnya.

"Sekarang yang Rp 700 triliun sudah ada izinnya. Yang belum ada izinnya, sekarang baru dimasukin ke BKPM, habis itu baru kita data," lanjut Bahlil.


Dia menjelaskan bahwa potensi investasi yang belum terdata berada di sejumlah sektor.

"Ada di refinery (kilang minyak), kemudian hilirisasi pertambangan, pariwisata. Tiga itu yang besar, tapi petrokimia paling besar," tambahnya.

Simak Video "Soal Perwakilan Papua di Kabinet, Bahlil: Masa Masih Bicara Dikotomi?"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com