Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Nov 2019 13:17 WIB

Bahlil Minta Erick Thohir Libatkan Pengusaha Daerah ke Investasi BUMN

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Bahlil Lahadalia (Andhika Prasetia/detikcom) Foto: Bahlil Lahadalia (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia telah berbicara dengan Menteri BUMN Erick Thohir agar investasi perusahaan negara melibatkan pengusaha daerah. Itu demi memberi manfaat buat daerah.

"Makanya tiap investasi yang masuk ini, BUMN saya minta juga sama Bang Erick 'bang kalau ada pembangunan gedung apa, di kabupaten mana, jangan lagi itu semen, pasir, cucu BUMN yang pengadaan'," kata Bahlil saat rapat koordinasi dengan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) seluruh Indonesia di Shangri-La Hotel, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Dia ingin investasi yang masuk ke daerah bisa memberdayakan pelaku usaha setempat, semisal pelaku UMKM.

"Tanya pengusaha di situ, berdayakan mereka supaya ada pemerataan, supaya investasi itu mendatangkan berkah untuk mereka," jelasnya.



Bahlil menilai keberadaan usaha kecil perlu dilibatkan ketika BUMN berinvestasi. Dirinya menyebut bahwa UMKM punya peran penting dalam perekonomian Indonesia.

"UMKM ada 60 juta, mampu memberi kontribusi 100 juta lebih tenaga kerja. Jadi bayangkan, dan UMKM ini jauh lebih pahlawan dari perusahaan IPO," katanya.

"Kenapa demikian? karena UMKM pernah diuji tahun 1998. Ketika krisis, banyak perusahaan besar dan konglomerat itu melarikan diri, mempailitkan diri, tapi yang jadi benteng pertahanan kita UMKM," tambahnya.



Simak Video "Soal Perwakilan Papua di Kabinet, Bahlil: Masa Masih Bicara Dikotomi?"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com