Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Nov 2019 20:30 WIB

Penenggelaman Kapal: Dimulai Susi, Disetop Edhy Prabowo?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: Luthfy Syahban/Tim Infografis Foto: Luthfy Syahban/Tim Infografis
Jakarta - Tenggelamkan! Bila mendengar kata yang satu ini semua orang pasti tertuju ke arah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kata yang satu ini acap kali digunakan sebagai semboyan oleh eks Menteri KKP Susi Pudjiastuti dalam 'tradisinya' untuk menenggelamkan kapal.

Yang ditenggelamkan pun bukan sembarang kapal, namun kapal ilegal pencuri ikan di laut nusantara. Ratusan kapal telah ditenggelamkan Susi sejak mengisi jabatan sebagai Menteri KKP.

Susi Tenggelamkan Kapal

Dihimpun dari catatan detikcom, Susi pertama kali melakukan penenggelaman kapal tanggal 19 Oktober 2015. Pihaknya, diketahui menenggelamkan empat kapal berbendera Vietnam di Pontianak, Kalimantan Barat.

Selang sehari kemudian, tanggal 20 Oktober 2015 ditenggelamkan lah empat kapal lainnya. Dua milik Vietnam, yang ditenggelamkan di Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Satu lagi kapal berbendera Thailand di Perairan Langsa, Aceh.

Dalam sebuah acara talkshow awal tahun yang lalu, Susi pernah bercerita sejarahnya dia bisa menenggelamkan kapal.

Awalnya dia mengaku tidak ingin main kasar, bahkan menurutnya sejak 2015 dia telah melakukan diplomasi dan lobi kepada pada duta besar yang negaranya santer dikabarkan mencuri di laut Indonesia. Cara halus ini dilakukan agar kapal-kapal berhenti mencuri.


Sebelum melakukan diplomasi dan lobi dengan para dubes, Susi mengaku bekerjasama dengan TNI AL untuk menangkap para kapal pencuri ikan di Indonesia. Mengetahui cara halusnya gagal, akhirnya Susi meminta untuk kapal-kapal maling itu ditangkap dan disiapkan untuk ditenggalamkan.

"Penenggelaman kapal ini menyelesaikan persoalan bangsa, yang sudah lama dan berakar ke mana-mana. Saya bekerja sampai jam 3 pagi, sudah tangkap 10 hadiah tahun baru pada 2015, 10 kapal Tiongkok ukuran ribuan GT," kisah Susi di Universitas Sahid, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Sudah Tenggelamkan 556 Kapal
Hingga akhir eranya, Susi setidaknya sudah menenggelamkan 556 kapal. Kapal-kapal ini sebagian besar berasal dari Vietnam dan Filipina.

Secara rinci kapal yang ditenggelamkan adalah, 321 kapal berbendera Vietnam, 91 kapal Filipina, 87 kapal Malaysia, 24 kapal Thailand, Papua Nugini 2 kapal, RRT 3 kapal, Nigeria 1 kapal, Belize 1 kapal, dan Indonesia 26 kapal.

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com