Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 15:46 WIB

Erick Thohir Mau Dirut yang Usulkan Nama-nama Direksi BUMN

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir/Foto: Pradita Utama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin pemilihan direktur BUMN diusulkan oleh direktur utama (dirut). Hal ini untuk menghindari hubungan tidak akur antar direksi.

"Pak Erick ke depan pengin yang mengusulkan direksi-direksi itu dirut," kata Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).

Disinggung soal praktik nepotisme, Arya menepis. Dia bilang, hal itu untuk menjaga kekompakan tim. Terlebih, kata dia, dirut hanya mengusulkan sementara kementerian yang akan menetapkan usulan tersebut.

"Ini kan ngomongnya kekompakan tim nggak mungkin KKN, dia kan mengusulkan. Dia kasih nama-nama, kementerian yang menetapkan tapi dikasih ruang mencari tim," ujarnya.


"Kan kamu sering dapat kabar ini ribut sama dirutnya, ini ribut direktur keuangan, nggak cocok sama direktur operasi. Akhirnya dirut kebingungan sendiri," ungkapnya.

Meski begitu, Arya belum tahu persis kapan hal itu akan direalisasikan. Lebih lanjut, pihaknya juga akan memperkuat peran komisaris.

Dia bilang, ke depan komisaris akan lebih banyak bertugas melakukan pengawasan BUMN, tidak seperti sekarang di mana justru kementerian lebih banyak melakukan pengawasan.

"Kita lihat selama ini interaksi kementerian lebih banyak direksi, ke depan akan lebih banyak interaksi komisaris," ujarnya.



Simak Video "Swasta Produksi Avtur, Erick Thohir: Welcome Saja, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com