Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 26 Nov 2019 14:32 WIB

Angkut Kargo, Merpati Bakal Terbang Lagi Tahun Depan

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Foto: Suparno Nodhor Foto: Suparno Nodhor
Jakarta - Beberapa BUMN bekerja sama keroyokan untuk membangkitkan kembali Merpati Nusantara Airline (MNA). Garuda Indonesia menjadi pihak memprakarsai kerja sama ini.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan bahwa kerja sama ini terus berjalan. Nantinya Merpati akan mengoperasikan pesawat milik Garuda untuk angkutan kargo ke wilayah timur, avtur salah satu yang akan diangkut oleh Merpati.

"Tetap jalan terus kan itu kargo. Kan kerja sama pengoperasian, (pesawat) Garuda yang operasi Merpati. Apa aja diangkut, avtur juga, itu ke daerah timur ya," ucap Pikri ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (26/11/2019).

Setidaknya, ada delapan pesawat Garuda yang akan dioperasikan Merpati, Pikri menyebut baru satu pesawat yang sudah siap dioperasikan Merpati. Dia mengatakan Merpati mulai menerbangkan angkutan kargo secara rutin mulai bulan Januari.



"Delapan ya (pesawatnya), cuma baru siap satu. Belum (operasi), launching udah sih. Januari beroperasi," ucap Pikri.

Sejak 2014 Merpati 'mati suri', maskapai ini tidak beroperasi karena masalah keuangan menimpa perusahaan. Kini, Garuda akan memanfaatkan fasilitas anak usaha Merpati yang bergerak dalam perawatan pesawat untuk mengoperasikan pesawat kargo. Dengan begitu Merpati akan mulai terbang lagi.

Garuda dan 10 BUMN lainnya akan menggunakan angkutan kargo yang dioperasikan Merpati. Selain Garuda, BUMN lain yang keroyokan membantu Merpati adalah PT Pertamina (Persero), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Perum Bulog, PT PLN (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.




Simak Video "Wow! Pria Asal Depok Ini Punya Burung Merpati Seharga Rp 1 M"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com