Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Nov 2019 11:58 WIB

Ekonomi Tumbuh Tinggi, AS Menjauh dari Jurang Resesi

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ekonomi AS tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada kuartal ketiga ini. Biro Statistik Tenaga Kerja AS telah menyampaikan hasil revisi estimasi PDB negara Paman Sam tersebut pada Rabu (27/11) waktu setempat.

Melansir dari CNN pada Kamis (28/11/2019), ekonomi AS mengalami pertumbuhan sebesar 2,1% pada bulan Juli hingga September (kuartal ketiga) kemarin. Sebelumnya, ekonomi AS diprediksi hanya meningkat sebesar 1,9% pada kuartal ketiga ini.


Dikatakan kalau negara Paman Sam berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonominya berkat batuan dari Federal Reserve (The Fed). The Fed memangkas suku bunga untuk pertama kalinya sejak 10 tahun terakhir, telah menurunkan suku bunga sebanyak tiga kali sejauh ini.

Padahal sebelumnya ekonomi AS sempat mengalami perlambatan pada kuartal kedua tahun ini. Sektor manufaktur AS dihantam keras oleh perang dagang yang sedang berlangsung dengan China.

"Kita bisa bersyukur bahwa ekonomi masih di tempat yang baik dengan pertumbuhan ekonomi sedikit lebih baik," kata kepala ekonom keuangan di MUFG Chris Rupkey.

"Kisah bahwa (AS mengalami) resesi tidaklah benar dan tidak akan ada di radar siapa pun pada tahun 2020," tambah Chris.


Melihat adanya peningkatan di kuartal ketiga ini, Capital Economics mengangkat perkiraan pertumbuhan PDB untuk kuartal keempat menjadi 1,5%, dari 1% sebelumnya.

"Secara keseluruhan, kami masih memperkirakan pertumbuhan ekonomi (AS akan) melambat lebih lanjut dalam waktu dekat, tetapi perlambatan itu tampaknya lebih sederhana dari yang kami perkirakan," kata ekonom senior AS Capital Economics Michael Pearce dalam sebuah catatan.

Simak Video "Penembakan di Pusat Perbelanjaan di Atlanta, 1 Orang Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com