Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 29 Nov 2019 11:04 WIB

Siapa Penerus Dinasti Ciputra?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Antara Foto
Jakarta - Pengusaha nasional Ciputra telah tiada. Pria yang memiliki kekayaan US$ 1,3 miliar atau Rp 18,2 triliun (kurs Rp 14.000) meninggalkan kerajaan bisnis ia bangun. Kerajaan bisnis itu antara lain Ciputra Group, Metropolitan Group dan Jaya Group.

Sepeninggal Ciputra, tentu publik bertanya siapa nakhoda yang akan menjalankan bisnis tersebut.

Terkait hal tersebut, anak pertama Ciputra sekaligus Managing Director Ciputra Group Rina Ciputra Sastrawinata mengatakan, bisnis Grup Ciputra tetap berjalan seperti biasa meski ditinggal Ciputra.

"Kami mempertahankan bentuk organisasi seperti sekarang, seperti ibu tahu, ayah saya menjabat Komisaris Utama, Direktur Utama Pak Candra Ciputra. Jadi tak ada perubahan struktur organisasi," kata Rina menanggapi siapa nakhoda Grup Ciputra selanjutnya di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (28/11/2019).


Pada kesempatan yang sama, Senior Director Ciputra Group Nanik Joeliawati Santoso mengatakan, mendiang Ciputra memang menjabat sebagai Komisaris Utama. Ciputra, kata dia, tidak aktif dalam kegiatan perusahaan.

"Jadi beberapa tahun terakhir sebetulnya Pak Ciputra seperti Ibu Rina sampaikan Komisaris Utama kami. Sehari-hari sebagai mentor kami, beliau selalu menyebut dirinya sebagai creative navigator. Jadi beliau sudah tidak aktif kegiatan perusahaan-perusahaan sehari-hari," ujarnya.

"Kalau ditanya kelangsungan bisnis kami ya tentunya tidak akan ada perubahan apa-apa karena selama ini sudah berjalan seperti itu. Hanya memang kami sangat kehilangan navigator kami," paparnya.

Dia pun menambahkan, saat ini generasi ketiga sudah mulai masuk melanjutkan usaha Ciputra.


"Untuk generasi ketiga, sudah ada beberapa generasi ketiga dari keluarga Ciputra yang aktif di perusahaan dan memang keinginan Bapak Ciputra bahwa keluarga tetap ikut aktif," ungkapnya.


Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "'Ciputra' dan 'Pak Ci' Jadi Trending Topic Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com