Daftar Kementerian yang Siap Ganti Eselon III dan IV dengan Robot

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 29 Nov 2019 14:55 WIB
Foto: Andhika/detikcom
Jakarta - Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering melontarkan wacana pemangkasan jabatan eselon, tercatat ada beberapa kementerian yang siap melaksanakan amanat orang nomor satu di Indonesia itu.

Berdasarkan cacatan detikcom, Jumat (29/11/2019), kementerian yang siap memangkas adalah Kementerian PAN-RB dan Kementerian PUPR.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo berjanji akan memangkas pejabat eselon. Hal ini dilakukan demi menjalankan amanat Presiden Jokowi untuk merampingkan birokrasi.


Bahkan Tjahjo menyatakan akan melakukan pemangkasan ini dalam waktu setahun. Tjahjo menyebutkan bahwa penghapusan jabatan eselon III dan IV dimulai bulan ini di kementerian yang dipimpinnya.

"KemenPAN-RB strategis, karena kita miliki amanat saat pelantikan presiden, adalah masalah eselonisasi yang harus disederhanakan. Kita mau pangkas dua dan digantikan jabatan fungsional, target saya eselonisasi itu paling lama setahun selesai," ungkap Tjahjo di kantornya, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

"Saya mulai dari KemenPAN-RB, yang bulan ini eselon III dan IV dipangkas," sebutnya.

Tjahjo menegaskan apabila pemangkasan tidak terjadi dalam setahun, maka dia berjanji untuk mundur.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, sampai saat ini dirinya masih mengikuti kebijakan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

"Kami sudah persiapkan ada beberapa opsi sesuai arahannya Kementerian PAN-RB yang kemarin semua sekjen dikumpulkan. Saya ngikutin kebijakannya," ucap Basuki di kantornya, Jumat (8/11/2019).


Namun begitu, dirinya sudah bersiap jika harus memangkas eselon III dan IV di kantornya.

Menurut Basuki, pemangkasan eselon bukan hanya sekedar menghilangkan. Melainkan juga untuk mempercepat birokrasi.

Daftar Kementerian yang Siap Ganti Eselon III dan IV dengan Robot


Simak Video "Bertukar Pikiran Antara Jokowi-MBZ soal Situasi di Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)