Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 30 Nov 2019 15:00 WIB

Kesan Eks Mendag ke Ciputra: Nggak Ada Ancol Tanpa Beliau

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Enggartiasto Lukita (Lisye/detikcom) Foto: Enggartiasto Lukita (Lisye/detikcom)
Jakarta - Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita hari ini turut melayat ke persemayaman terakhir mendiang taipan properti, Ciputra. Enggartiasto mengaku sangat kenal dengan Ciputra sejak tahun 1978.

Dalam kenangannya, pria yang akrab disapa Enggar itu menyebut Ciputra merupakan sosok yang tidak takut dengan persaingan. Menurutnya, Ciputra orang yang tidak pelit berbagi ilmu pengetahuan.

"Saya sangat kenal dengan beliau. Kira-kira sejak tahun 78 sudah kenal. Beliau tidak pelit untuk berbagi. Berbagi pengetahuannya, berbagi ilmunya. Kalau saya datang beliau pasti ada, akan berbagi akan sharing hal-hal yang dianggap perlu diketahui," kenang Enggar usai melayat di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Sabtu (30/11/2019).

Satu hal perkataan yang tak terlupakan dari Ciputra menurut Enggar adalah seorang entrepreneurship harus menciptakan peluang, bukan mencarinya. Untuk itu, Ciputra membuktikannya dengan mengubah Ancol menjadi sesuatu. Menurutnya, Ancol tidak akan ada jika tanpa Ciputra.


"Seorang entrepreneur harus menciptakan, bukan mencari peluang, tapi menciptakan peluang itu. Dan beliau buktikan. Nggak ada Ancol tanpa beliau. Itu kan beliau menciptakan sesuatu. Bumi Serpong Damai, Pantai Indah Kapuk, itu visi beliau," ujarnya.

Jika Enggar masih memiliki kesempatan untuk berbincang dengan Ciputra, Enggar bilang, ada hal yang ingin disampaikannya. Dia ingin mengucapkan terima kasih kepada Ciputra.

"Bapak sudah menorehkan dengan tinta emas secara pembangunan, bukan hanya real estate saja tetapi juga kewirausahaan. Pak Ci adalah panutan. Jadi, terima kasih Pak Ci dan selamat jalan Pak Ci," tutupnya.



Simak Video "Buwas: Ada Menteri yang Inginkan Inflasi"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com