Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 30 Nov 2019 20:35 WIB

Mochtar Riady Blak-blakan soal Kegagalan MatahariMall

Iin Yumiyanti - detikFinance
Bos Lippo Group Mochtar Riady/Foto: Iin Yumiyanti/detikcom Bos Lippo Group Mochtar Riady/Foto: Iin Yumiyanti/detikcom
Jakarta - Bos Lippo Group Mochtar Riady membeberkan kegagalan yang terjadi pada salah satu lini bisnisnya, MatahariMall.com. Bisnis ini merupakan Matahari Departement Store yang diadopsi ke toko online.

Sayangnya di tengah maraknya e-commerce yang sukses, MatahariMall.com justru meredup. Menurut Mochtar pada saat mendirikan MatahariMall titik beratnya lebih kepada pengadaan teknisi.

Bahkan, pihak Lippo sampai mempekerjakan 300 teknisi, padahal seharusnya fokus pada produk yang akan dijual.

"MatahariMall.com itu perlu memposisikan diri sendiri, apakah itu buka toko di internet atau itu adalah bangun pasar di internet. Ini mesti jelas. Baik dalam pembukaan toko maupun membangun pasar intinya adalah barang dagangan, bukan teknisinya itu," kata dia di Djakarta Theater, Jakarta Pusat," Kamis (28/11/2019).


Bagi Mochtar kisah kegagalan MatahariMall perlu diungkap agar menjadi pelajaran bagi siapapun yang terjun ke bisnis online. Intinya adalah teknologi hanya salah satu instrumen untuk menyampaikan informasi, Barang dagangan tetap yang utama.

Selain itu, saran Mochtar, merintis bisnis harus sabar melewati tahapan demi tahapan, tidak bisa langsung jadi besar.

"Ini adalah kegagalannya daripada MatahariMall.com, dan tadi saya kemukakan ini, usaha itu selalu harus mulai dari kecil, dan dia pelan, pelan, pelan itu menjadi besar. Tidak bisa langsung jadi besar, terkecuali perusahaan-perusahaan pemerintah itu lain soal," jelas Mochtar.



Simak Video "Ditahan KPK, Eks Presdir Lippo Cikarang: Saya Difitnah!"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com