Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 02 Des 2019 11:27 WIB

Mau Beli Tiket Pesawat Online? Simak Tips Ini Dulu

Herd - detikFinance
Foto: (iStock) Foto: (iStock)
Jakarta - Libur akhir tahun segera tiba. Online Travel Agent (OTA) menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam mendapatkan tiket penerbangan untuk berlibur. Kemudahan akses hingga promo-promo menarik menjadi kelebihan sarana yang satu ini.

Kementerian Perhubungan memberikan tips-tips berburu tiket lewat OTA. Tips ini bisa digunakan agar pembeli mendapatkan tiket dan pelayanan maskapai yang terbaik.

Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti juga mengimbau agar masyarakat lebih cermat dalam melakukan pembelian tiket di OTA. Pasalnya, terkadang informasi di OTA sering membingungkan.

"Kementerian Perhubungan terus mengajak masyarakat untuk mencermati pembelian tiket secara online. Masyarakat harus waspada dengan penyesatan informasi yang dibuat oleh pihak-pihak yang bermaksud membingungkan dan membuat keresahan," ungkap Polana dalam keterangan resminya, Senin (2/12/2019).


Polana melanjutkan, dalam berburu tiket pesawat di OTA pembeli harus teliti memilih jadwal dan rute. Pembeli juga diminta untuk memastikan kelas penerbangan yang diinginkan.

"Dalam membeli tiket pesawat melalui OTA, saya meminta masyarakat untuk memastikan jadwal, rute dan kelas penerbangan (ekonomi atau bisnis) yang diinginkan dengan mengisi informasi dalam aplikasi," ucap Polana.

Selanjutnya, pembeli juga harus memperhatikan opsi penerbangan yang diinginkan. Mulai dari opsi penerbangan langsung, transit, satu arah, ataupun penerbangan pulang pergi.

"Pengguna telah mengaktifkan kolom "filter" dan memilih filter yang diinginkan. Seperti, penerbangan langsung, penerbangan transit, penerbangan satu arah (one way) atau penerbangan pulang pergi (pp)," jelas Polana.

Kemudian Polana juga mengingatkan agar masyarakat memesan tiket dari jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan harga tiket yang terbaik. Pasalnya semakin mepet pesanannya, harga tiket semakin mahal.


"Pengguna sebaiknya merencanakan perjalanan dengan baik dengan mencari atau membeli tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya untuk mendapatkan pilihan dan harga terbaik," tegas Polana.

Selanjutnya, Polana juga mengingatkan agar masyarakat juga memahami syarat dan ketentuan pengangkutan maskapai. Hal ini dilakukan agar pembeli paham berapa banyak barang yang diizinkan untuk dibawa ke dalam pesawat.

"Jangan lupa pahami secara jelas syarat dan ketentuan pengangkutan dari maskapai (condition of carriage) sehingga kita paham apa hak dan kewajiban sebagai konsumen serta hak dan kewajiban dari maskapai," terang Polana.

Terakhir, Polana meminta agar masyarakat yang membeli tiket di OTA mengisi secara lengkap dan benar seluruh identitas diri, termasuk kontak yang dapat dihubungi. Hal ini dilakukan untuk dapat dilayani dengan baik oleh maskapai.

Simak Video "Maskapai Komplain Soal Harga Tiket, Ini Kata Menhub"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com