Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 02 Des 2019 21:00 WIB

Round-Up 5 Berita Terpopuler

Panglima Domba Benahi Koperasi, Curhat Pedagang di Reuni 212

Vadhia Lidyana, Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
1 Panglima Domba Benahi Koperasi dan UMKM
Halaman 2 dari 6
Foto: Mardi Rahmat/20 detik Foto: Mardi Rahmat/20 detik

Sebulan memimpin Kementerian Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Teten Masduki mengungkapkan garis besar strategi dan kebijakan yang akan dilakukan untuk membangun koperasi dan UMKM lima tahun ke depan.

Untuk sektor UMKM, dia antara lain akan membentuk rumah produksi bersama (sharing factory), antar UMKM sejenis dengan perusahaan besar yang telah lebih dulu maju. Di rumah produksi bersama akan disediakan permesinan modern baik oleh swasta, pemerintah, atau BUMN. Ia yakin strategi ini akan dapat memacu kalangan UMKM ke kelas yang lebih baik sehingga dapat bersaing dengan pasar global.

Meski latar pendidikannya adalah ilmu kimia, dan pengalamannya lebih banyak sebagai aktivis gerakan anti korupsi, Teten merasa dirinya tak canggung mengurusi masalah koperasi dan UMKM. Sebab sejak berada di lingkungan istana dalam lima tahun terakhir, baik sebagai staf khusus maupun kepala staf kepresidenan dia lebih banyak menangani persoalan ekonomi kecil.

"Selama di Istana saya banyak menangani isu-isu ekonomi sebenarnya, mulai isu peternak, isu koperasi kopi, the, industri makanan-minuman, ngurusi garam, nelayan, bahkan termasuk juga ke kelompok bisnis," paparnya.

Pada bagian lain, Teten yang pernah dijuluki sebagai 'Panglima Domba' karena keberhasilannya membina ratusan kelompok peternak domba garut, kini juga mulai menekuni bidang kopi.

Baca selengkapnya di sini: Blak-blakan Panglima Domba Benahi Koperasi dan UMKM

(hns/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com