Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Des 2019 12:51 WIB

Ini Pesawat Baru Garuda yang Angkut Harley dan Brompton Ilegal

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Pesawat Baru Garuda yang Angkut Harley dan Brompton Ilegal/Foto: Dok. Airbus Pesawat Baru Garuda yang Angkut Harley dan Brompton Ilegal/Foto: Dok. Airbus
Jakarta - Komponen Harley Davidson bekas dan dua sepeda Brompton baru diduga ilegal diangkut oleh pesawat PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Pesawat itu adalah pesawat baru Garuda yakni Airbus A330-900.

Mengutip akun Twitter resmi Airbus @Airbus, Selasa (3/12/2019) pengiriman perdana pesawat itu tercatat pada 18 November 2019. Dalam akun itu tertulis, 14 pesawat akan bergabung dengan Garuda untuk memperkuat bisnis perusahaan.

"14 A330-900 akan bergabung dengan armada Garuda," bunyi keterangan Airbus dikutip detikcom.


Sementara, mengutip laman Airbus, pesawat yang juga disebut A330neo ini dapat menampung antara 260 hingga 300 penumpang. Pesawat ini menggunakan mesin Rolls-Royce Trent 7000 generasi terbaru. Pesawat ini diklaim punya kelebihan irit bahan bakar.

"A330neo adalah pesawat yang lebih efisien yang akan menghasilkan penghematan melalui pengurangan pembakaran bahan bakar," tulis keterangan Airbus.


Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan menjelaskan, pesawat A330-900 didatangkan dari Toulouse, Prancis. Seperti pesawat baru lainnya, kedatangan pesawat telah dilaporkan ke otoritas termasuk Bea dan Cukai.

"Sebelum pesawat itu tiba, kita kan sudah memberitahukan akan tentang ada kedatangan pesawat seperti biasa, sesuai prosedur, akan ada datang pesawat baru kita yang kita jemput dari Toulouse. Nah akan tiba 17 November, kita sudah memberitahu ke otoritas termasuk Bea Cukai," katanya kepada detikcom.



Simak Video "Ini Harley-Brompton Ilegal di Garuda yang Rugikan Negara Rp 1,5 M"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com