Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Des 2019 17:26 WIB

Jepang Mau Bantu RI Bangun Rumah hingga Infrastruktur

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa pihak Japan Bank International Cooperation (JBIC) ingin membantu Indonesia dalam proyek pembangunan di sektor perumahan hingga infrastruktur.

Hal itu yang menjadi pembahasan antara delegasi JBIC bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Presiden tadi menerima gubernur JBIC Maeda dan membahas JBIC yang tertarik pembangunan di Indonesia," kata Sri Mulyani di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga mengaku bahwa pihak JBIC juga akan mendukung pembentukan dana abadi alias soverign wealth fund (SWF). Skema yang sama dan diterapkan pada investasi dari Uni Emirat Arab.


"Jadi itu menyangkut program untuk perumahan dan pembangunan infrastruktur maupun di dalam program pembentukan funding yang ingin dukung dalam rangka meningkatkan investasi di Indonesia, juga di bidang manufaktur untuk hilirisasi itu adalah suatu yang dianggap potensi," jelas dia.

"Jadi beliau menyampaikan kepada Presiden keinginan dari JBIC untuk menjadi partner dari kita," sambungnya.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Sekertaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. Sedangkan delegasi JBIC yang datang dipimpin oleh Gubernur JBIC Tadashi Maeda, Senior Executive Officer Masayuki Tanimoto, hingga Shin Sugiura, Director New Energy and Power Finance Department.

Simak Video "Stafsus Milenial Jokowi, PKS Berharap Bukan Hanya Gimik "
[Gambas:Video 20detik]
(hek/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com