Fantastis! Jumlah Harta 50 Orang Terkaya RI Tembus Rp 1.884 T

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 05 Des 2019 12:35 WIB
Foto: Kiagoos Auliansyah/Infografis
Jakarta - Sejumlah orang terkaya di Indonesia mengalami peningkatan jumlah harta. Berdasarkan laporan dari Forbes, jumlah kekayaan 50 orang paling tajir Indonesia meningkat US$ 5,6 miliar atau sekitar Rp 78,4 triliun (dengan kurs 1Rp 14.000/dolar).

Adapun secara keseluruhan, jumlah kekayaan gabungan mereka menyentuh rekor US$ 134,6 miliar atau sekitar Rp 1.884,4 triliun.

Sebagai contoh, hal ini nampak dari jumlah kekayaan orang paling tajir di Indonesia, Duo Hartono, yang mengalami peningkatan cukup besar. Hal ini didorong oleh meroketnya nilai saham bank BCA miliknya.



Bila dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah harta dua bersaudara Budi dan Michael Hartono ini mengalami peningkatan sebesar US$ 2,3 miliar. Pada tahun 2018 lalu, jumlah kekayaan duo Hartono ini mencapai US$ 35 miliar atau setara Rp 490 triliun (dengan kurs Rp 14.000/dolar). Tahun ini jumlah kekayaan mereka meningkat jadi US$ 37,3 miliar atau setara Rp 522,2 triliun.

Meski secara umum jumlah harta 50 orang terkaya Indonesia mengalami peningkatan, namun ada pula di antara mereka yang justru mengalami defisit. Yang paling menonjol di antara mereka adalah Susilo Wonowidjojo, di mana nilai kekayaannya turun US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 36,4 triliun.

Susilo tergelincir ke peringkat 4 dari sebelumnya berada di peringkat 2 setelah saham perusahaan rokok miliknya, Gudang Garam, mengalami penurunan. Saham Gudang Garam miliknya jatuh melantai setelah pemerintah RI mengatakan pada bulan September tahun depan akan menaikkan harga rokok dan meningkatkan cukai rokok.



Simak Video "Gelar Miliarder Kylie Jenner Dicabut oleh Forbes"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)