Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 05 Des 2019 12:45 WIB

Di Depan Ekonom Dunia, Wamenkeu Pamer RI Pangkas Pejabat Eselon

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara berbicara mengenai produktivitas dan daya saing Indonesia di depan para ahli dan ekonom internasional. Salah satu langkah pemerintah dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing ialah mempermudah birokrasi dengan memangkas jabatan eselon.

"Memangkas regulasi, membuat birokrasi lebih efisien dan transformasi ekonomi. Saya pikir ini semua untuk bisa meningkatkan daya saing dan produktivitas," kata Suahasil dalam Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED), Nusa Dua, Bali Kamis (5/12/2019).

Suahasil mengatakan, sudah waktunya bagi Indonesia untuk merealisasikan sesuatu yang baru. Contohnya mendorong sektor yang potensial di dalam negeri seperti sektor agrikultur dan manufaktur.


Di sisi lain, pemerintah juga berupaya untuk mempermudah birokrasi dengan memangkas sejumlah jabatan yang ada.

"Kita mencoba merampingkan birokrasi. Dalam hal kebijakan fiskal, kita mulai dengan apa yang diminta presiden dalam beberapa bulan. Yakni memangkas eselon III dan IV. Saya harap itu jalan yang terbaik," katanya.


Dia mengatakan, saat ini keputusan harus diambil dengan cepat dan efisien. Untuk itulah pemangkasan jabatan di pemerintah perlu dilakukan agar bisa meningkatkan produktivitas dan daya saing Indonesia.

"Memangkas birokrasi, memangkas kompleksitas bagaimana birokrasi. Semua keputusan harus cepat diputuskan dan disampikan dengan efisien," tuturnya.

Simak Video "Jokowi Akan Ganti Eselon III dan IV dengan Robot"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com