Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 05 Des 2019 14:45 WIB

Puji Ekonomi RI, ADB Beri Masukan untuk Bisa Jadi Negara Maju

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Badung - Asian Development Bank (ADB) mengungkapkan Indonesia merupakan negara terbesar di ASEAN dengan potensi ekonomi yang tinggi. Indonesia juga dinilai berhasil untuk menurunkan tingkat kemiskinan hingga 1 digit.

Direktur Jenderal Asian Development Bank Ramesh Subramaniam mengatakan capaian yang dilakukan Indonesia sudah cukup baik untuk bisa mengejar target menjadi negara maju pada 2045.

"Indonesia bisa mempertahankan pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan sampai 1 digit, reformasi struktural berjalan, perbaikan public service, dan kemudahan berusaha. Perjalanan untuk menjadi negara maju pada 2045 targetnya," katanya dalam Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED), Nusa Dua, Bali Kamis (5/12/2019).



Untuk merealisasikan target tersebut, Ramesh mengatakan, Indonesia perlu meningkatkan daya saing dan produktivitas dalam negeri. Hal ini perlu untuk mengurangi ketimpangan yang ada.

"Jadi harus mengatasi ketimpangan nasional, mengatasi perubahan iklim, dan pembangunan ketahanan bencana," katanya.

Selain itu, kata Ramesh, ada sejumlah tantangan yang perlu dihadapi Indonesia dalam untuk bisa menjadi negara maju di 2045. Tantangan-tantangan yang harus dilewati seperti kondisi ketidakpastian global, hingga adanya bonus demografi.

"Tantangan terbesar Indonesia adalah shifting economic power. Dalam konteks regional dan global. Bagaimana pun, Indonesia harus mampu menangkap peluang," katanya.



Simak Video "RI Pasar Terbesar Ekonomi Digital se-Asia Tenggara, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com