Edhy Prabowo Janji Tekan Harga Pakan Ikan, Begini Caranya

Eko Susanto - detikFinance
Jumat, 06 Des 2019 22:30 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo/Foto: Andhika Prasetya/detikcom`

Benih Unggul

Setiap daerah memiliki keunggulan masing-masing mengenai benih ikan tawar. Sejauh ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) belum melakukan pengiriman bibit benih ikan antardaerah.

"Ya setiap daerah punya keunggulan masing-masing. Kami belum berbicara pengiriman antarbibit, tapi memang faktanya sudah ada juga yang antarwilayah dari Jambi ke Palembang, itu juga ada," kata Edhy Prabowo.

"Tapi yang jelas, anda harus pahami bahwa KKP ini punya sumber bibit cukup banyak, walaupun mungkin kalau kita akan mendorong perikanan budidaya karena perintah presiden itu, perikanan budidaya harus didorong gencar, kenapa. Disini salah satu jawaban untuk lapangan pekerjaan dan devisa negara, tapi kalau kita sudah begitu gencar mendorong ini kan produksi kita sekarang ini belum sampai 7 juta ton setahun," katanya.


Edhy berharap, produksi ikan ini bisa meningkat. Sejauh ini KKP sudah membuat pola dan modelnya sehingga diharapkan nantinya bisa meningkat.

"Kita harapkan ini bisa meningkat lebih. Saya belum tahu, akan ke angka berapa, tapi saya harapkan sekarang kami sudah membuat pola, modelnya seperti apa untuk perikanan budidaya yang di tawar, yang di daratan perikanan budidaya yang di payau, perikanan budidaya yang di laut. Jawa Tengah memiliki semua," kata dia.
Halaman

(dna/dna)