Bantu Ekonomi RI, Yuk Belanja Produk Lokal di Harbolnas!

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 07 Des 2019 17:00 WIB
Foto: Tim Infografis Mindra Purnomo
Jakarta - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) diperingati tanggal 12 Desember mendatang. Menteri Perdagangan RI (Mendag) Agus Suparmanto mengajak masyarakat untuk mengutamakan belanja produk-produk dalam negeri pada hari belanja akbar tersebut.

"Tujuan Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri ini untuk menggugah kesadaran dan nasionalisme masyarakat, bangga menggunakan produk dalam negeri," ujar Mendag Agus saat membuka acara Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri, di Thamrin City, Jakarta, Sabtu (7/12).

Agus menjelaskan produk dalam negeri saat ini sudah banyak yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar atau barang impor. Bahkan dari segi kualitas, produk dalam negeri dinilai sudah jauh lebih unggul.

"Kalau kualitas tentu tidak diragukan lagi produk kita ini jauh lebih bagus," katanya.

Terutama untuk produk-produk batik, Agus sangat optimistis bahwa kualitas batik Indonesia berkualitas tinggi serta mampu bersaing secara global. Selain itu, dengan membeli produk dalam negeri, menurut Agus, sama saja dengan membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia.

"Beli produk dalam negeri sama saja selamatkan ekonomi bangsa, karena ada ratusan atau ribuan pekerja dalam negeri yang hidup dari satu produk yang kita beli," imbuhnya.

Menteri Perdagangan RI (Mendag) Agus SuparmantoMenteri Perdagangan RI (Mendag) Agus Suparmanto Foto: Soraya Novika




Di kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto pun mengingatkan hal senada.

"Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri ini momen yang baik untuk mengimbangi penjualan online dan offline," ujar Suhanto.

Menurutnya, belakangan pasar di Indonesia tengah diuji dengan keberadaan e-commerce yang tren penjualannya berat pada produk-produk impor. Untuk itu, pemerintah bakal lebih proaktif lagi agar dampak yang tidak diinginkan dari serbuan barang impor tidak sampai merugikan pelaku usaha dalam negeri.

"Untuk itu, pemerintah ke depan melalui Peraturan Menteri Perdagangan akan mengeluarkan berbagai peraturan untuk menangkal produk-produk impor," katanya.

Selain itu, pihaknya juga bakal berkoordinasi dengan Asosiasi Pusat Perbelanjaan dan Asosiasi Pengelola Mall agar produk-produk dalam negeri ditempatkan di area depan toko.

"Kami menghimbau, mohon ke depan agar produk-produk dalam negeri tidak dikesampingkan atau tidak ditaruh di belakang karena ini sejalan dengan arahan bapak Presiden. Ke depan agar produk dalam negeri harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ucapnya.

"Perlu adanya sikap atas serbuan produk-produk impor yang terjadi di e-commerce, di mana masyarakat sebagai konsumen harus dapat menentukan sikap yaitu dengan cara cinta, bangga, dan mengutamakan serat membeli produk dalam negeri," tambahnya.



Simak Video "Menpora Dorong Penggunaan Alat Olahraga Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)