Peringati Hakordia, Edhy Prabowo: Korupsi Musuh Utama Kita

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 09 Des 2019 09:39 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo/Foto: Anisa Indraini/detikcom
Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2019 di Gedung Mina Bahari III, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).

Peringatan Hakordia sudah dilaksanakan berulang kali. Tahun ini, tema yang diangkat adalah Mewujudkan Kementerian Kelautan dan Perikanan Bersih Tanpa Korupsi, Menuju Indonesia Maju.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo hadir sebagai salah satu pembicara kunci pada acara ini. Ia mengingatkan kepada seluruh pegawai KKP tidak korupsi.

"KKP sebagai salah satu stakeholder di negara ini, bicara korupsi adalah musuh utama kita. Acara Hakordia ini bukan hanya simbol tetapi harus jadi semangat kita dalam menjalankan tugas," kata Edhy dalam peringatan Hakordia di KKP, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).


Edhy menjelaskan bahwa tindakan korupsi bukan hanya sekadar mengambil uang, tetapi juga tidak melayani rakyat dengan baik salah satu adalah salah satu bentuk korupsi.

"Melihat korupsi bukan hanya kita mengambil uang. Anda sebagai petugas yang melayani rakyat begitu ada yang datang ke Anda mau nggak nerima? Kalau Anda nggak mau nerima itu sudah korupsi," pungkasnya.

"Orang yang mengadu ke kita entah masalahnya apa itu wajib dilayani. Entah dia bikin janji atau tidak karena tugas aparatur sipil negara itu melayani rakyat. Jika itu dilakukan maka masalah korupsi tinggal cerita saja," sambungnya.


Untuk itu, Edhy mengajak kepada seluruh pegawainya di KKP untuk sama-sama mencegah tindakan korupsi. Ia berharap, KKP bisa menjadi contoh bagi kementerian lain yang bersih dari korupsi.

"Saya mengajak semua jajaran KKP ada 13 ribu mari kita bahu membahu membantah korupsi bukan hanya sekedar jargon atau simbol," ucapnya.

Simak Video "Menteri Edhy Genjot Potensi Perikanan di Pesisir Selatan Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)