Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 10 Des 2019 14:49 WIB

Penyaluran Bansos Bakal Lewat Kartu Sembako

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan program bantuan sosial (bansos) yang selama ini didistribusikan melalui program keluarga harapan (PKH) akan dialihkan kepada kartu sembako. Nantinya para penerima manfaat akan mendapatkan dana Rp 1,8 juta per keluarga per tahun.

Jokowi bilang, program kartu sembako akan menampung 96,8 juta peserta jaminan kesehatan nasional (JKN), PKH sebanyak 10 juta keluarga, dan bantuan pangan non tunai sebanyak 15,6 juta keluarga.

"Disalurkan lewat kartu sembako," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai akselerasi implementasi program siap kerja dan perlindungan sosial di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Jumlah manfaat yang diterima para peserta bansos meningkat dari semula Rp 1,32 juta per keluarga menjadi Rp 1,8 juta per keluarga. Nantinya, melalui kartu sembako masyarakar bisa membelikan beragam kebutuhan pokok.


"Karena jumlah bantuan yang diterima meningkat dari Rp 1,32 juta per keluarga per tahun, jadi 1,8 juta per keluarga per tahun, ini perlu dilihat progressnya'," jelasnya.

Sedangkan untuk program KIP Kuliah, Mantan Wali Kota Solo ini meminta ditujukan kepada keluarga yang tidak mampu. Tahap pertama akan dialokasikan kepada 818 ribu mahasiswa.

"Saya minta program-program yang tadi saya sebutkan baik kartu pra kerja, JKN-KIS, PKH, BPNT segera dilaksanakan secepat-cepatnya. Paling penting penyaluran kartu betul-betul tepat sasaran," ungkap dia.


Simak Video "Cegah Korupsi, Jokowi Minta Penyaluran Bansos Libatkan KPK Hingga BPKP"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com