Jokowi Kesal soal Ayam di Rest Area, Basuki: Harus Ada Jangkarnya

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 10 Des 2019 15:38 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Baru-baru ini, Presiden RI Joko Widodo menumpahkan kekesalannya terkait brand asing penjual ayam goreng dan minuman kopi yang lebih menjamur di rest area tol di Indonesia. Brand-brand asing tersebut dirasa masih lebih banyak ketimbang produk lokal.

Beberapa nama menteri disentil Jokowi menyangkut hal itu, salah satunya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Merespons hal tersebut, Basuki menjelaskan sudah ada aturan yang mengatur porsi asing dan lokal di sebuah rest area.

"Kan sudah ada aturan terkait 30% untuk (brand) asing dan 70% untuk lokal. Lagi pula, (brand asing) itu tetap harus ada seperti Starbucks atau KFC, karena tanpa itu, seperti yang kita liat di rest area Solo-Surabaya, isinya pick up semua," ujar Menteri Basuki di Gedung Kementerian PUPR, Selasa (10/12/2019).

Menurutnya, kehadiran brand asing di rest area harus tetap ada demi menjadi daya tarik bagi pengguna jalan atau sebagai jangkarnya. Sehingga, pada akhirnya pelaku usaha lokal lainnya dapat ikut diuntungkan.

"Harus ada KFC atau Starbucks satu jadi anchor (jangkar) nya, supaya orang mau ke situ jadi menyebar ke yang lain seperti ke Pecel Rawon," katanya.



Basuki pun memastikan bahwa porsi 70% keberadaan brand lokal di rest area maupun sentra-sentra ekonomi kawasan infrastruktur baru lainnya sudah terpenuhi sesuai aturan.

"Ya saya kira sudah ada 70% yang baru-baru (brand lokal) ya, seperti Sate Maranggi pasti ada, Soto Padang, Pecel Madiun, Rawon Uling, pasti ada," katanya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah memang sudah mengamanatkan aturan kepemilikan kios di rest area melalui Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 10/PRT/M/2018 tentang Tempat Peristirahatan dan Pelayanan pada jalan tol.

Beleid ini menginstruksikan seluruh pengelola tol untuk menyediakan lahan pelaku usaha lokal sebanyak 70%. Khusus untuk UMKM dan Koperasi, aturan ini juga punya porsinya sendiri yaitu masing-masingnya wajib mengisi area sebesar 20% dan 30% di sebuah jalan tol yang baru beroperasi.



Jokowi Kesal soal Ayam di Rest Area, Basuki: Harus Ada Jangkarnya


Simak Video "Pria Berpistol yang Gasak Tas di Rest Area Saradan Diburu!"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)