Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 11 Des 2019 14:48 WIB

Sofyan Djalil Sebut Kantor BPN Mirip Pasar Malam, Begini Ceritanya

Mustiana Lestari - detikFinance
Foto: Mustiana Lestari/detikcom- Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil
Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengatakan di periode keduanya menjadi menteri, dia akan menerapkan sejumlah perbaikan. Salah satunya soal pelayanan publik di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Saya kasihan ramainya itu seperti pasar malam di kantor-kantor tertentu. Ada orang yang jual beli tanah, sertifikat hilang, ada yang nggak tahu tanahnya di mana tanya BPN. Kalau semua harus ke BPN nggak cukup waktunya. Makanya kita buka layanan digital," jelas Sofyan di Media Gathering d Hotel Mahakam, Jakarta, Rabu (11/12/2019).


Dengan layanan digital ini, menurut Sofyan, masyarakat bisa lebih mudah terlayani. Sehingga tidak perlu ke BPN.

"Ini baru uji coba kalau misalnya bagus kita tambah layanan. Sekarang sudah 4 layanan. Dan pada 2024 layanan BPN sudah berbasis IT sehingga bisa menjadi kantor berkelas dunia," tandasnya.

Dia pun menjelaskan perubahan ke arah digital ini ternyata membuahkan hasil dengan diterimanya penghargaan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi untuk kantor BPN di Jakarta Utara oleh Kementerian PAN-RB.

"Saya optimis negeri akan lebih baik di masa depan. Saya merasa Indonesia bergerak cepat ke arah yang lebih baik," sambungnya.


Selain soal pelayan publik, dia juga menargetkan seluruh tanah di Indonesia terdaftar pada 2025. Bukan cuma soal tanah, bahkan seluruh kepemilikan sawah pun akan dicatat seluruhnya.

"BPN terus memperbaiki diri, terus meningkatkan pelayanan dan terus meningkatkan produktivitas. Kita mempunyai rencana jangka panjang terukur, 2025 seluruh tanah terdaftar," jelas Sofyan.

Simak Video "Jadi Menteri ATR Dua Periode, Sofyan: 2025 Semua Tanah Terdaftar "
[Gambas:Video 20detik]
(mul/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com