Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Des 2019 18:10 WIB

Bos Softbank Janji ke Trump Investasi di AS Rp 700 Triliun

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - CEO SoftBank Masayoshi Son pernah berjanji untuk berinvestasi dan menciptakan lapangan pekerjaan baru di Amerika. Janji tersebut diucapkan pada Presiden AS Donald Trump. Ditepati?

Melansir dari Forbes pada Kamis (12/12/2019), Masayoshi berjanji bahwa dia akan berinvestasi US$ 50 miliar (sekitar Rp 700 triliun dengan kurs Rp 14.000/dolar) di AS dan menyediakan 50.000 lapangan pekerjaan. Janji ini direncanakan akan selesai dalam kurun waktu empat tahun, bertepatan dengan masa jabatan Trump sebagai presiden.

Hal ini disampaikan oleh Trump dan Masayoshi tiga tahun lalu pada 6 Desember 2016, di lobi Trump Tower, Manhattan, AS.

"Hadirin sekalian, ini Masa SoftBank dari Jepang dan dia baru saja setuju untuk menginvestasikan US$ 50 miliar di AS dan (menciptakan) 50.000 lapangan pekerjaan," kata Presiden AS Donald Trump saat itu, sebagaimana dikutip dari Forbes.


Hingga saat ini, Masayoshi sudah hampir memenuhi janjinya untuk berinvestasi di AS sebesar US$ 50 miliar. Sejauh ini bos SoftBank tersebut dilaporkan telah berinvestasi hingga US$ 47 miliar dengan cara berinvestasi di banyak perusahaan seperti Slack, Uber, DoorDash, hingga WeWork.

Meski telah berinvestasi hampir US$ 50 miliar, nyatanya Masayoshi dirasa masih kesulitan untuk memenuhi janjinya mengenai ciptakan 50.000 lapangan pekerjaan. Hal ini dikarenakan banyaknya perusahaan AS yang menerima investasi dari SoftBank tidak mampu menyerap tenaga kerja sesuai harapan.

Bahkan perusahaan hasil investasi SoftBank, mulai dari Uber, WeWork hingga startup penyewaan mobil online Fair, telah mem-PHK ribuan karyawan dalam beberapa bulan terakhir karena sempat mengalami defisit.



WeWork telah mengumumkan rencananya untuk memangkas 4.000 karyawan secara global pada November, kemudian Uber dilaporkan telah mem-PHK lebih dari 1.000 karyawan sejak Juli kemarin, dan sebuah perusahaan penyewaan mobil Fair telah memangkas 40% tenaga kerjanya, atau sekitar 200 karyawan.

Kini CEO SoftBank Masayoshi Son hanya memiliki sisa waktu satu tahun untuk memenuhi janjinya kepada Trump. Meski demikian, Masayoshi dirasa akan mengalami kesulitan untuk memenuhi janjinya terutama untuk membuka 50.000 lapangan pekerjaan.




Simak Video "Lambaian Tangan Trump ke Wartawan Usai Dimakzulkan DPR AS"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com