Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 14 Des 2019 11:29 WIB

Beda Erick Thohir dan Rini Soemarno Benahi BUMN, Siapa Lebih Oke?

Soraya Novika - detikFinance
Beda Erick Thohir dan Rini Soemarno Benahi BUMN, Siapa Lebih Oke?/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini dipimpin oleh Erick Thohir. Erick menggantikan Rini Soemarno yang menjabat pada periode 2014-2019.

Kepala Bagian Protokol dan Humas Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Ferry Andrianto menjabarkan perbedaan kepemimpinan antara Erick dengan Rini. Menurut Ferry, perbedaan mencolok antara keduanya terlihat dari akses informasi yang diberikan dari dua pemimpin tersebut.

"Dirasakan periode sebelumnya informasinya relatif belum sempurna, sehingga banyak informasi yang beredar baik di media mainstream maupun media sosial itu belum utuh, belum lengkap," ujar Ferry dalam diskusi media Populi Center dan Smart FM Network bertajuk 'Garuda dan Momentum Pembenahan BUMN' di Kedai Sirih Merah, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12/2019).


Ferry mengungkapkan bahwa di bawah kepemimpinan Erick, keterbukaan informasi justru menjadi prioritas utama yang akan terus dikedepankan oleh Kementerian BUMN.

"Makanya Pak Erick berkomitmen bahwa BUMN itu harus di-manage secara transparan, akuntabel, artinya masyarakat juga harus ikut mengawasi," katanya.

Selain itu, Erick juga lebih serius membawa perubahan dalam tubuh BUMN dengan 'bersih-bersih'.

"Pak Erick membuat suatu komitmen BUMN itu harus bersih, nah dengan langkah bersih-bersih ini diharapkan bisa menciptakan suatu langkah berikutnya yaitu menciptakan pimpinan BUMN baik pengawasan maupun kepengurusan itu yang profesional, jadi ini membuktikan bahwa pak Erick ini tidak main-main," tuturnya.


Lebih jauh, Erick dinilai lebih mengutamakan kerja tim yang kuat dan solid antar BUMN demi kemajuan bersama.

"Juga dibangun suatu teamwork pengurus BUMN yang kompak dan solid," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, pasca dilantiknya Erick menjadi Menteri BUMN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), langkah bersih-bersih di tubuh BUMN mulai digerakkan.

Mulai dari mencopot Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara setelah kedapatan menyelundupkan motor Harley-Davidson dan sepeda Brompton sampai menerbitkan aturan yang membatasi lahirnya anak, cucu, hingga cicit perusahaan BUMN yang menggunung.



Beda Erick Thohir dan Rini Soemarno Benahi BUMN, Siapa Lebih Oke?


Simak Video "Erick Thohir Buka-bukaan Rencana Rombak Sarinah"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com