Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 14 Des 2019 15:00 WIB

Erick Thohir Mau Dana CSR BUMN Lebih Banyak Buat Pendidikan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Erick Thohir Mau Dana CSR BUMN Lebih Banyak Buat Pendidikan/Foto: Grandyoz Zafna
Jakarta - Dana corporate social responsibility (CSR) BUMN dinilai belum fokus pada sektor pendidikan dan lingkungan di Indonesia. Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan saat ini dana CSR BUMN yang mengalir ke sektor pendidikan hanya 22% setiap tahun dan lingkungan 1%.

"CSR di BUMN ini yang spread out-nya selama ke mana-mana mau saya betulkan dan fokus ke sektor pendidikan," kata Erick dalam acara Millenial Fest 2019 di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Dia mengungkapkan, padahal BUMN saat ini memiliki dana CSR yang cukup besar. Menurut Erick, penyebaran CSR sejauh ini masih berpusat di Jawa, padahal anak anak di luar Jawa juga perlu mendapatkan kualitas pendidikan yang sama.

"Makanya kita mau naikkan CSR pendidikan kalau bisa 30%, lingkungan 5%. Boleh dong menteri baru fokus ke situ," imbuh dia.


Untuk pendidikan nantinya bisa berkolaborasi dengan perguruan tinggi dan bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang sudah ada. Erick mencontohkan kolaborasi Pertamina bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bisa menggandeng salah satu fakultas di Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Agar bisa upgrade dosen dan fasilitasnya, jadi bisa pemain dunia," jelas dia.

Menurut dia, CSR harus lebih banyak memberikan manfaat pada rakyat. "Kita berkontribusi besar untuk pembangunan bangsa Rp 467 triliun dari dividen dan pajak. Tapi mana kue yang besar? Ini yang mau disinergikan. Bukan salah dan benar menteri sebelumnya, kita harus moving forward. Setiap pemimpin ada kelebihan dan kekurangannya," jelas dia.



Simak Video "Erick Thohir Buka-bukaan Rencana Rombak Sarinah"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com