Tembus Filipina, Sido Muncul Fokus Bangun Kepercayaan

Yakob Arfin - detikFinance
Sabtu, 14 Des 2019 15:02 WIB
Foto: Yakob Arfin/detikcom
Filipina - PT Industri Farmasi dan Jamu Sido Muncul Tbk fokus menggarap pasar di negara-negara kawasan Asia Tenggara dengan mendirikan kantor pemasaran di beberapa negara. Langkah tersebut dimulai dengan mendirikan kantor pemasaran di Filipina pada awal 2018.

Untuk memperkuat pasar di Filipina, sebagai langkah awal, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan pihaknya berkonsentrasi untuk membangun kepercayaan masyarakat Filipina terhadap kualitas produk Tolak Angin dan mengenalkan Tolak Angin. Salah satunya dengan menggandeng Senator Filipina Manny Pacquiao sebagai brand ambassador.

"Kan ini pemula jadi tahap awal itu memperkenalkan Tolak Angin itu apa, bahannya apa, Sido Muncul itu seperti apa. Kami berharap masyarakat Filipina itu percaya kepada Tolak Angin. Dengan adanya Manny Pacquiao mereka dapat percaya kepada Sido Muncul," kata Irwan kepada detikcom, Sabtu (14/12/2019).


Ia menjelaskan sosialisasi produk Tolak Angin adalah hal penting untuk memperkenalkannya kepada masyarakat Filipina.

"Goal kami bisa menjelaskan Tolak Angin itu apa. Tolak angin bahan-bahannya apa saja. Yang berasal dari alam dan tumbuh-tumbuhan. Menjelaskan bahwa Tolak Angin diproduksi oleh Sido Muncul. Karena mereka tidak tahu Sido Muncul," jelasnya.

Sementara itu ia juga mengatakan alasannya memilih Manny Pacqiuao sebagai bintang iklan. Irwan menilai sosok Manny Pacquiao aktif menggunakan Tolak Angin.

"Manny memang mengonsumsi Tolak Angin dan kita pun sudah kenal beliau. Di Filipina dan juga dunia dia terkenal sekali," ungkapnya.

Irwan mengungkapkan pihaknya tak memprediksi target penjualan di Filipina, kecuali kepercayaan masyarakat Filipina sebagai target utama.

"Kalau barang sesuatu yang baru masuk di suatu daerah kita tidak bisa memprediksi berapa. Karena ini kan obat masuk angin. Waktu iklan pertama kali Manny Pacquiao di Indonesia bagaimana respon masyarakat? Sangat bagus sekali. Tapi kami percaya Manny ini terkenal dan dipercaya masyarakat, sehingga Tolak Angin pun dapat memperoleh kepercayaan," jelasnya.


Irwan pun menilai, pada langkah awal ini Sido Muncul menerima respon positif dari masyarakat Filipina terhadap produk Tolak Angin.

"Kalau dibandingin dengan Tolak Angin cair waktu masuk Indonesia pada tahun 1994, Ini lebih baik dan bagus sebagai pemula. Saya punya harapan," imbuhnya.

Seperti diketahui, saat ini Tolak Angin telah masuk ke jaringan apotek terbesar di Filipina yaitu 'Mercury Drug', yang memiliki 1.180 gerai di seluruh Filipina dan juga jaringan independent store serta toko di pasar-pasar tradisional.

Penjualan ke negara di kawasan Asia Tenggara dilakukan melalui ekspor secara langsung. Untuk itu, dengan membuka kantor di Filipina, Sido Muncul berinisiatif untuk fokus menggarap pasar ini agar penjualan di negara tersebut semakin meningkat.

Selain Filipina, Sido Muncul juga akan memasukkan Tolak Angin ke pasar Thailand, Vietnam, dan Myanmar. Saat ini pihaknya tengah mendaftar melalui BOMO. (prf/hns)