Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Des 2019 09:50 WIB

Gurihnya Beras Krayan di Perbatasan RI yang Diekspor ke Malaysia

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Gurihnya Beras Krayan di Perbatasan RI yang Diekspor ke Malaysia
Krayan - Kecamatan Krayan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Ba'kelalan, Malaysia. Di wilayah perbukitan ini tumbuh padi Krayan yang bernilai jual tinggi.

Sebagian besar masyarakat Krayan bermata pencaharian sebagai petani padi. Padi Krayan yang tumbuh subur di setiap sisi perbatasan bisa dipanen dua kali dalam setahun. Beras Krayan juga diklaim organik karena tak menggunakan campuran bahan kimia.

"Beras organik nggak pakai pupuk. Ditanamnya Agustus atau September dan panen Januari akhir," kata warga Krayan, Agung kepada detikcom, Nunukan, Rabu (18/12/2019).

Ada tiga jenis beras Krayan, yaitu beras putih, merah, dan hitam. Rasanya tidak berbeda jauh dengan beras pada umumnya, namun teksturnya lebih kering.


Agung mengatakan, beras Krayan banyak dibeli orang Malaysia. Mereka biasanya datang langsung ke Krayan sambil mengantar barang pesanan.

"Mereka beli ke sini, kadang kita bawa ke sana," tuturnya.

Harganya, beras Krayan dipatok Rp 250.000 dalam ukuran 15 kilogram (kg), atau sekitar Rp 16.000 per kg. Sedangkan jika dijual ke Malaysia, harganya berbeda.

"Beras Krayan 15 kg Rp 250.000. Di masyarakat sendiri, kalau ke Malaysia Rp 300 ribuan lebih," katanya.



Simak Video "Jokowi Tunggangi Motor Modif, Pantau Jalan Perbatasan RI-Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com