Trump Dimakzulkan, Sri Mulyani Waspada Tingkat Tinggi

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 19 Des 2019 14:49 WIB
Presiden AS Donald Trump. Foto: AP Photo/Brynn Anderson
Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku waspada atas tindakan kongres Amerika Serikat (AS) yang akan memakzulkan Presiden Donald Trump. Menurut Sri Mulyani, aksi tersebut akan memberikan dampak terhadap perekonomian dunia termasuk Indonesia.

Sri Mulyani bilang, AS merupakan negara dengan ekonomi besar di dunia tentu akan memberikan dampak terhadap perekonomian global. Dampak yang akan terjadi pada tingkat kepercayaan pelaku usaha di negeri Paman Sam sendiri.

"Apakah dengan situasi seperti ini masih akan kontinyu sampai dengan pemilihan tahun 2020. Ini akan menimbulkan confident yang melemah dari pelaku ekonomi sehingga mempengaruhi kesehatan ekonomi Amerika, perlu kita waspadai," kata Sri Mulyani di gedung Djuanda I Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Presiden Donald Trump yang dimakzulkan menjadi tambahan dinamika global. Sehingga tidak menutup kemungkinan ketidakpastian dunia akan berlanjut ke tahun 2020.


"Jadi 2020 kita harus betul betul mewaspadai dinamika ini. Bagi kita tentu dari sisi politik dinamika proses politik yang terjadi di negara itu. Kita hormati saja yang terjadi di proses itu. Bagi kita yang harus diwaspadai yaitu pengaruh merembes ke perekonomian kita," jelasnya.

Meski demikian, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini optimis bahwa perekonomian nasional tetap tumbuh positif mengingat tren positif pada kinerja belanja dan penerimaan negara.

"Kita harap Desember ini biasanya ada faktor seasonality ini bisa menjadi lebih positif. Dari Sisi penerimaan pajak sektor-sektor menunjukkan adanya penguatan. Ini nanti akan bagus untuk masuk di tahun 2020. Namun kewaspadaan harus kita tingkatkan," ungkap dia.



Simak Video "Donald Trump Resmi Larang TikTok di AS, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ang)