RK Cerita Banyak Toko Online Curang, Mendag Janji Awasi Ketat

Mukhlis Dinilah - detikFinance
Jumat, 20 Des 2019 14:28 WIB
Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengaku akan mengawasi ketat transaksi jual beli online di Indonesia. Langkah itu untuk melindungi konsumen dari kecurangan dari pelaku usaha.

Hal itu disampaikan Agus usai meresmikan 13 daerah tertib ukuran di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Jumat (20/12/2019). Dalam kegiatan tersebut juga hadir Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Emil sapaan Ridwan Kamil dalam sambutannya menyinggung mengenai kecurangan jual beli tidak hanya terjadi di pasar melainkan platform online. Ada kasus konsumen mendapatkan barang tidak sesuai dengan tampilan.


"Jadi barang yang datang nggak sesuai dengan fotonya. Tertipu dengan foto yang ditampilkan. Jadi pak menteri (Mendag) sekarang kecurangan dagang online juga harus diawasi," ungkap Emil.

Menanggapi pernyataan Emil, Agus mengaku akan mengevaluasi regulasi e-commerce. Pihaknya akan memperketat pengawasannya untuk melindungi konsumen dari kecurangan pelaku usaha online.

"Iya nanti kita sedang evaluasi untuk jual beli online ini dan memang e-commerce ini kita sedang evaluasi peraturan peraturannya," tutur Agus.

"Pada dasarnya kita akan memudahkan usaha tanpa mengurangi pengawasan. Supaya lebih fair dalam jual beli. Terutama ini dalam hal melindungi konsumen," ujar Agus.



Simak Video "Sungai Cipamokolan Bandung Dipenuhi Busa"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)