Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Des 2019 16:35 WIB

9.302 Ritel di AS Tutup Tahun Ini, Keok Lawan Online?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: Istimewa
Jakarta - 2019 merupakan tahun yang cukup berat bagi investor maupun pemilik bisnis ritel konvensional. Tahun ini, para pemilik bisnis ritel AS mengumumkan bahwa mereka telah menutup toko miliknya.

Melansir dari CNN pada Jumat (20/12/2019), di tahun 2019 ini setidaknya terdapat 9.302 gerai toko ritel telah ditutup. Angka ini mengalami peningkatan signifikan sebesar 59% bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Payless, Ascena, Gymboree, Fred's, dan Charlotte Russe merupakan 5 perusahaan retail yang paling banyak menutup tokonya. Payless sendiri setidaknya telah menutup 2.100 gerai toko miliknya.

Selain ribuan jumlah toko tadi, ada juga Forever 21 yang telah mengumumkan kebangkrutannya dan mengatakan akan menutup hingga 178 toko miliknya. Penutupan Forever 21 sendiri masih belum masuk ke dalam catatan toko ritel yang tutup tahun ini lantaran proses kebangkrutannya masih belum terselesaikan.


Ribuan lagi penutupan toko mungkin akan terjadi di tahun-tahun mendatang karena belanja online terus menggantikan pembelian di toko fisik dan menyita keuntungan pengecer. Tingkat modal yang besar dan biaya sewa yang tinggi telah membebani banyak toko ritel konvensional.

Saat ini angka penjualan online telah mencapai sekitar 16% dari total seluruh penjualan ritel. Berdasarkan laporan penelitian UBS, angka ini akan terus mengalami peningkatan hingga menjadi 25% pada tahun 2026. Artinya pada tahun 2026 mendatang diperkirakan 1/4 aktivitas belanja masyarakat akan dilakukan secara online.

Berdasarkan perkirakan UBS, hal tersebut dapat memaksa hingga 75.000 gerai toko ritel tradisional di AS akan tutup pada 2026. Termasuk lebih dari 20.000 toko pakaian dan sekitar 10.000 toko elektronik konsumen, serta ribuan toko penjual perabot rumah tangga dan toko peralatan olahraga juga harus ditutup karena belanja online tumbuh dengan cepat.






Simak Video "Saat Jokowi Menengok Proyek Tol Pertama di Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com