Angkasa Pura II Kelola 3 Bandara Baru Tahun Depan

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 22 Des 2019 21:00 WIB
Foto: Kadek/detikcom
Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) tidak lama lagi bakal menambah pengoperasian tiga bandara yang dikelola dengan sistem kerja sama pemanfaatan aset barang milik negara (KSP BMN). Pengoperasian akan dipindahtangankan ke Angkasa Pura II mulai 1 Januari 2020.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menyebutkan, tiga bandara tersebut antara lain Bandara Raden Inten II di Lampung, Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin di Bangka Belitung, dan Bandara Fatmawati Soekarno di Bengkulu.

"Per 1 Januari 2020 ada 3 bandara akan resmi bergabung. Secara resmi akan bergabung di Angkasa Pura II," ungkap Awal di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (22/12/2019).



Awal menjelaskan, penandatanganan kesepakatan telah dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti dan dirinya. Setelah itu, ada proses transisi terkait pendataan informasi aset kepemilikan sejak Oktober 2019 lalu sampai saat ini.

"Kami sudah menyelesaikan semua itu. Jadi di Oktober itu adalah periode transisi sampai sekarang. Kita sudah memastikan semua proses itu selesai," jelasnya.

Adapun ruang lingkup kerja sama yaitu meliputi pengelolaan dan optimalisasi penyediaan dan pengembangan bandara sehingga meningkatkan perannya dalam mendukung kegiatan perekonomian.

Selain itu juga memberikan kontribusi tetap dan pembagian keuntungan atas pengelolaan bandara dan penyerahan hasil pengembangan, pembangunan dan penambahan fasilitas bandara kepada Kementerian Perhubungan.

Dengan ditambahnya tiga bandara tersebut, maka total Angkasa Pura II mengelola 19 Bandara di seluruh wilayah Indonesia.



Simak Video "Bandara Soetta Sempat Dibanjiri Penumpang, Ini Solusinya"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)