Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 25 Des 2019 18:36 WIB

Penumpang Pesawat Anjlok di 2019, Harga Tiket Bakal Diturunkan

Soraya Novika - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi adanya penurunan penumpang sepanjang 2019 dibanding tahun sebelumnya. Berdasarkan catatan AP II, jumlah penumpang di 16 bandaranya sampai akhir 2019 ini hanya mencapai 90,5 juta penumpang atau turun 18,5% dari tahun 2018 yang mencapai 112,6 juta penumpang.

Merespons hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Wishnutama Kusubandio mengaku telah berkoordinasi dengan kementerian lembaga terkait agar dapat kembali meningkatkan okupansi penumpang pesawat di dalam negeri.

"Saya bersama Menteri Perhubungan, Menteri BUMN, akan mereview semuanya. Kemungkinannya kita akan menekan harga tiket. Karena, salah satu faktor utamanya (anjloknya penumpang pesawat) kan karena harga tiket," ujar Wishnutama ditemui di kediaman Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Namun, Wishnutama tak dapat memastikan kapan harga tiket dapat mulai diturunkan kembali, lantaran banyaknya pertimbangan di berbagai kepentingan.


"Ini bukan kerja yang sederhana. Kompleks ya macam-macam ada pengaruh harga avtur, leasing dan sebagainya. Jadi kita harus lihat dulu secara komprehensif gimana cara menekan harga tiket agar kompetitif," imbuhnya.

Meski demikian, penurunan okupansi penumpang pesawat dalam negeri itu dianggapnya tak akan banyak memberi dampak kepada jumlah wisatawan mancanegara (wisman).

"Tahun ini ditarget mencapai 16,3 juta wisatawan mancanegara," katanya.

Berdasarkan data terakhir Kementerian Pariwisata RI, kunjungan wisman ke Indonesia melalui seluruh pintu masuk hingga Oktober 2019 mencapai 1.354.396 kunjungan atau mengalami peningkatan sebesar 4,86% dibandingkan periode yang sama bulan Oktober 2018 yang berjumlah 1.291.605 kunjungan.



Penumpang Pesawat Anjlok di 2019, Harga Tiket Bakal Diturunkan


Simak Video "Mulai Besok, Diskon Tiket Pesawat Hingga 50% Sudah Berlaku!"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com