Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 28 Des 2019 12:50 WIB

Kencangkan Ikat Pinggang! Ini Deretan Tarif yang Bakal Naik 2020

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Tahun 2020 sudah di depan mata. Agaknya di tahun baru nanti masyarakat harus mengencangkan ikat pinggangnya.

Bagaimana tidak, beberapa tarif yang diatur pemerintah bakal naik tahun depan. Mulai dari tarif sejumlah tol, harga rokok, tarif listrik, BPJS Kesehatan, sampai tiket pesawat yang masih juga mahal.

Tentunya, kenaikan tarif ini perlu diantisipasi karena pengeluaran akan bertambah. Termasuk mengatur neraca keuangan Anda agar keuangan bisa tetap aman.

Apa saja sih harga yang bakal naik tahun depan?

Tarif Tol

Setidaknya ada 13 jalan tol yang tarifnya masih menunggu kenaikan hingga akhir 2019 ini. Penyesuaian tarif itu dilakukan karena sudah waktunya sesuai aturan yang ditetapkan.

Beberapa di antaranya sudah naik tarif di penghujung 2019. Seperti tol Jagorawi, Mojokerto-Kertosono, Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak segmen Simpang Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa, Makassar seksi IV, Cipali, dan lainnya.

Dalam daftar antrean, masih ada lagi Tol Dalam Kota Jakarta (JIUT), Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Nusa DDua-Ngurah Rai-Benoa, hingga Surabaya- Gempol.

Tarif sejumlah ruas tol lainnya juga dipastikan bakal ada yang naik di 2020. Hal ini mengingat penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali yang dihitung berdasarkan inflasi dari daerah tol berada.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com