Mantap Jiwa Beli Sepeda Ratusan Juta, Sudah Pertimbangkan Ini Belum?

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 29 Des 2019 19:20 WIB
Bersepeda saat CFD Jakarta Foto: detik
Jakarta - Sepeda mewah ditabrak pengendara mobil Toyota Avanza di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan pada Sabtu (28/12). Dilansir dari berbagai sumber situs belanja online, harga dan jenis sepeda yang ditabrak ada yang di kisaran harga Rp 60-110 juta untuk merek S-Works.

Bagi yang terpikat dengan sepeda seharga Rp 100 jutaan, Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi Andy Nugroho menyarankan untuk mempertimbangkan sejumlah hal. Menurutnya bagi yang ingin bersepeda untuk olahraga masih ada pilihan di harga Rp 1 jutaan.

"Kalau memang tujuannya adalah memang ingin bersepeda sebagai kardio yang harga di bawah Rp 1 juta saja sudah banyak kan. Kalau memang tujuannya seperti itu," kata dia saat dihubungi detikcom, Minggu (29/12/2019).


Begitu pula untuk mereka yang ingin bersepeda untuk ke tempat kerja dan sebaliknya, tak perlu beli sepeda semahal itu.

"Bahkan ada teman-teman yang bike to work gitu ya kan. Nah mereka kan hampir tiap hari pakai sepedanya ke kantor gitu kan. Ya saya perhatikan ya merek-merek sepedanya ya nggak sampai yang harga segitu juga (Rp 100 jutaan)," jelasnya.

Namun dia menilai bahwa lagi-lagi kembali ke fungsi dan kebutuhan dari pemilik sepeda. Untuk atlet dan orang yang benar-benar hobi bersepeda mungkin memang merasa perlu membeli yang harganya semahal itu.

"Ada buat beberapa orang yang penghobi, yang sangat serius atau atlet mungkin merasa perlu sepeda yang kayak gitu. Kan biasanya yang harga segitu yang saya tahu sangat ringan kan, bahkan diangkat pakai jari kelingking saja kita kuat gitu ya, nggak ngabisin banyak tenaga," jelasnya.


"Kalau memang memiliki kelebihan dana yang memungkinkan semua kebutuhan lain sudah tercukupi, dan kemudian dia ingin beli barang-barang yang luxurious menurut saya nggak masalah juga gitu," sebutnya.

Tapi kembali lagi, jika hanya untuk menunjang gaya hidup, disayangkan membeli sepeda Rp 100 jutaan.

"Kalau cuma sekedar hanya lebih pada gaya hidup, cuma dipamerin kayak gitu, kalau saya pribadi sih mendingan nggak usah, mendingan cari yang lebih murah deh," tambahnya.

Simak Video "Gowes Marak Saat Pandemi, Buku Panduan Bersepeda Diluncurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)