Tahun Depan Mau Cicil Rumah? Ini yang Harus Disiapkan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 30 Des 2019 10:58 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Tahun 2020 sudah dekat, memiliki hunian impian juga bisa dimasukkan dalam resolusi tahun depan. Banyak cara untuk memiliki rumah, mulai dari membeli secara cash keras atau dengan mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR).

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menjelaskan untuk resolusi memiliki rumah impian, bisa menggunakan skema KPR yang ditawarkan banyak bank baik konvensional maupun syariah.

Dia menyebut, pengajuan KPR bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan calon pemilik rumah. "Dari sisi kemampuan, harus diperhatikan juga finansialnya, utamanya siapkan dana untuk uang muka atau DP dan pembayaran pertama," kata Andy saat dihubungi detikcom, Senin (30/12/2019).


Andy menjelaskan uang muka biasanya berkisar 20% dari harga rumah. Sedangkan pembayaran cicilan pertama biasanya sudah termasuk di dalam uang muka dan biaya administrasi serta biaya pengikatan perjanjian jual beli (PPJB).

"Jangan lupa juga, minta perhitungan angsuran yang harus kita bayarkan nantinya, pastikan pula jika kita mampu untuk membayar angsuran tersebut," imbuh dia.

Kemudian juga bisa dipilih alternatif membeli rumah tanpa KPR bank. Tetapi langsung membayar ke developer, saat ini sedang marak. "Harga properti di sana biasanya memang relatif lebih murah, namun kita akan membayar cicilan lebih besar, karena lamanya tenor hanya 3 tahun. Semuanya tergantung pilihan juga," jelas dia.

Tahun Depan Mau Cicil Rumah? Ini yang Harus Disiapkan




Simak Video "Jalan-jalan ke Rumah Tenun Magelang yang Tawarkan Wisata Edukatif"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)