Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Jan 2020 21:30 WIB

Ini 5 Tips Biar Kerja di Kantor Makin Produktif

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Produktivitas menjadi tuntutan dalam bekerja. Namun terkadang kita merasa tidak memiliki cukup waktu, atau mungkin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menunda-nunda.

Untuk itu kita perlu belajar mengatur kehidupan dengan lebih baik dan fokus pada hal-hal yang penting. detikcom merangkum lima hal yang bisa dilakukan agar lebih produktif saat bekerja. Berikut rangkuman yang dikutip dari CNN, Jumat (3/1/2020).

1. Minimalisir bekerja multitasking

Ada perbedaan antara sibuk dan produktif. Ketika kita melakukan tugas terlalu banyak mudah terganggu dan melewatkan hal yang penting. Penelitian menunjukkan jika kita mencoba menyelesaikan banyak tugas sekaligus akan mengganggu produktivitas. Kemungkinan kita juga tidak melakukan tugas dengan baik.

"Saran pertama yang akan saya berikan kepada seseorang yang ingin menjadi lebih produktif adalah keluar dari pola pikir melakukan lebih banyak hal, dan ke dalam pola pikir melakukan lebih banyak hal yang benar," kata Greg McKeown, penulis Essentialism.


2. Fokus pada hal penting

Teknologi sering kali menjadi gangguan, dan menghilangkan notifikasi ponsel dapat membantu kita lebih fokus pada pekerjaan. Membatasi penggunaan ponsel bisa dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada smartphone. Cara lain untuk menghindari gangguan adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak penting untuk pekerjaan kita atau kehidupan sehari-hari.

3. Jangan sampai terganggu

Kebanyakan orang lebih produktif ketika mereka dapat memiliki banyak waktu untuk fokus tanpa gangguan. Menjadwalkan rapat di pagi atau di akhir hari akan membantu kita tetap fokus dan menjaga alur kerja.

Memiliki pesan balasan otomatis di surat elektronik kita adalah cara mudah untuk membuat orang tahu berapa kali kita membuka email. Misalnya, 'Terima kasih atas pesan Anda! Saya memeriksa email setiap hari dari jam 8 pagi sampai 11 pagi, dan akan menghubungi Anda sesegera mungkin'," saran dari Ashley Stahl, pelatih karier, dan penulis.


4. Istirahat

Terpaku di meja kerja bukan cara terbaik untuk menyelesaikan sesuatu. Beristirahat atau berjalan-jalan sejenak sangat penting bagi pikiran untuk dapat lebih santai, sehingga kemudian dapat kembali ke pekerjaan yang terfokus, kata McKeown.

"Jika Anda mencoba menjadi 24/7, Anda akan membakar pikiran Anda dengan cepat," katanya.

5. Terorganisir

Perencanaan dan pengorganisasian akan membantu kita mendapatkan gambaran tentang hari kerja dan tujuan jangka panjang. Misalnya dengan mencatat semua hal yang perlu kita lakukan untuk hari itu.

Sebelum kita memulai hari kerja, luangkan 30 menit untuk merencanakannya dan mencari tahu apa yang perlu dilakukan dan mengurutkannya. Itu bisa menghindarkan kita dari hal-hal yang bisa mengacaukan pekerjaan.

Simak Video "Ribuan Pilot Masih Menganggur Padahal Sudah Kantongi Izin Terbang"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com