Tarif Tol Japek Layang Masih Digodok, Begini Hitung-hitungannya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 07 Jan 2020 12:46 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah masih menggodok pentarifan pada tol Jakarta Cikampek (Japek), khususnya Japek Layang. Nantinya akan ada integrasi tarif yang dilakukan, sehingga tarif tol sama besarnya baik layang maupun yang eksisting.

Bahkan tol ini juga akan diintegrasikan tarifnya dengan tol Becakayu. Menurutnya, pentarifan tol Japek akan sesuai jadwal pada bulan Januari 2020, kini pihaknya sedang menunggu simulasi tarif.

"Sekarang itu integrasinya tidak hanya Japek dan Japek Elevated, tapi juga dengan Becakayu. Harapan kita sih tetap Januari. Pihak yang membantu kami bantu simulasi mereka janji simulasinya selesai bulan ini minggu kedua," ungkap Danang di kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020).

Dengan adanya penyesuaian ini Danang menyebutkan kemungkinan tarif tol Japek layang akan lebih murah daripada hitungan BPJT yang berdasar pada pengembalian investasi. Sedangkan jalan Japek yang sudah berfungsi di bawahnya tarifnya bakal dinaikkan.


"Integrasinya penyesuaian, jadi antara pengembalian investasi dengan pelayanan masyarakat. Contohnya sekarang seperti Japek Elevated itu kan selisihnya untuk jangka panjang, jauh ya. Itu kan cukup besar, mungkin untuk itungan BPJT yang satu Rp 15 ribu yang satu Rp 40 ribu. Jadi mungkin yang di Japek itu mengalami kenaikan, yang di Japek Elevated bisa mengalami penurunan," ungkap Danang.

"Sehingga itu bisa balance yang lewat di atas dan yang lewat di bawah," katanya.

Tol Japek layang sendiri menurut Danang, masih banyak masalahnya. Buktinya banyak keluhan dari masyarakat. Mulai dari kondisi jalan hingga drainase, menurutnya akan ada beberapa penyesuaian di tol Japek layang.

"Kita masih punya PR Japek Elevated. Japek Elevated saya kira akan disesuaikan, soalnya banyak keluhan dari masyarakat mengenai kondisi alignment, kondisi drainase belum sempurna," kata Danang.



"Saya yakin pak Menteri akan memastikan itu tuntas dulu," sebutnya.


Tarif Tol Japek Layang Masih Digodok, Begini Hitung-hitungannya


Simak Video "Catat! Berikut Daftar Tarif Tol yang Akan Naik "
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)