Anggaran Negara Dipakai Buat Apa Saja? Ini Daftarnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 07 Jan 2020 15:36 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pemerintah telah menyampaikan realisasi capaian anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2019. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan anggaran negara saat ini sudah digunakan mulai dari sektor pendidikan hingga perumahan dan permukiman.

"APBN ini sudah digunakan untuk muridnya, ke pesantren, sekolah, gurunya bahkan sampai ke keluarga berencana (KB)," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (7/1/2019).

Dari data yang dipaparkan, dalam bidang pendidikan APBN sudah dibangun untuk membangun ruang kelas baru sebanyak 4.772 unit. Rehabilitasi ruang kelas 26.113 ruang, pembangunan perpustakaan 5 gedung dan pembangunan baru prasarana GOR dan penyediaan sarana sebanyak 37 unit.


Selanjutnya di bidang kesehatan dan KB ada pembangunan baru atau rehabilitasi Puskesmas sebanyak 675 unit, pembangunan RS Pratama 2 unit, pengadaan obat Puskesmas 7.300 paket, penyediaan alat kesehatan Puskesmas 6.858 paket dan pembangunan balai penyuluhan KB 313 unit.

Selain itu di bidang pertanian, APBN sudah membangun jalan pertanian sejauh 6.326 km dan pembangunan pintu air 890 unit. Sementara untuk bidang industri kecil dan menengah sudah dibangun sentra industri kecil dan menengah (IKM) sebanyak 33 sentra dan revitalisasi sentra IKM sebanyak 70 unit serta pembangunan dan revitalisasi pasar sebanyak 826.


Sisanya di halaman selanjutnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2