Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Jan 2020 18:22 WIB

Soal Natuna, Luhut: Saya Tak Gadaikan Kedaulatan untuk Investasi!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa kedaulatan Indonesia di Laut Natuna adalah hal yang mutlak. China sendiri menjadi salah satu negara yang cukup banyak melakukan investasi ke Indonesia.

Banyak orang khawatir, dengan predikat China sebagai investor besar, pemerintah tidak akan garang menghadapi China dalam polemik Laut Natuna. Namun, Luhut menegaskan hal itu tidak akan terjadi. Pemerintah tetap akan tegas soal kedaulatan negara di wilayah Natuna.

"Orang ribut soal Chinese Sea, tadi pak Mahfud bicara, nggak mungkin kalau kedaulatan kita tergadai sama investasi. Saya tidak mungkin menggadaikan kedaulatan untuk investasi," ungkap Luhut di Auditorium BPPT, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020).


Dari catatan detikcom, China berada di urutan ketiga dari lima besar investasi asing terbanyak yang masuk ke Indonesia. Dengan nilai investasi pada semester I 2019 sebesar US$ 2,3 miliar.

Singapura memegang porsi sebesar US$ 3,4 miliar. Berikutnya disusul oleh Jepang dengan investasi senilai US$ 2,4 miliar.

Luhut juga mengatakan cara mempertahankan kedaulatan tak selamanya menggunakan kekerasan. Kini dirinya dan Menkopolhukam Mahfud MD sedang menyusun penguatan Badan Keamanan Laut (Bakamla).


Penguatan Bakamla salah satunya dilakukan dengan membentuk omnibus law. Nantinya dengan aturan itu Bakamla akan lebih kuat melindungi Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

"Tapi apakah kita harus berkelahi. Kan tidak juga. Sekarang pak Mahfud dan saya bekerja sama mau bikin omnibus law buat Bakamla. Bakamla harus diperkuat untuk melindungi ZEE kita," kata Luhut.

Luhut menegaskan, jajaran pemerintah tidak ada yang melacurkan profesionalismenya untuk menyenangkan negara lain. Menurutnya, pemerintah selalu berpikir yang terbaik untuk negara.

"Tidak akan kami lacurkan profesionalme kami hanya untuk sesuatu jabatan atau menyenangkan hati orang lain, tidak akan Pernah itu terjadi. Jadi kami selalu berpikir yang terbaik untuk negeri ini," ungkap Luhut.

Soal Natuna, Luhut: Saya Tak Gadaikan Kedaulatan untuk Investasi!


Simak Video "Susi Minta Patroli Laut Diterapkan Konsisten, Bukan Drama"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
Drooftalk
×
GADUH KERAJAAN GALUH
GADUH KERAJAAN GALUH Selengkapnya