Kisah Mari Pangestu Dicalonkan Jokowi hingga Jadi Direktur Bank Dunia

Herdi Alif Al Hikam, Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 11 Jan 2020 20:52 WIB
Mari Elka Pangestu/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Mari Elka Pangestu terpilih menjadi Direktur Bank Dunia. Mantan menteri Perdagangan dan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mulai mengisi posisi Direktur Pelaksana 1 Maret 2020.

Sebelum terpilih sebagai direktur, nama Mari Pangestu masuk dalam radar Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk diusulkan ke Bank Dunia. Hal itu diungkap Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengatakan Jokowi mencalonkan Mari Pangestu sebagai pejabat di Bank Dunia.

"Bagus bagus. Mereka yang seleksi kan, World Bank-nya, yang terbaik ya dipilih. Itu juga kan Presiden Jokowi yang ikut usulkan," kata Luhut saat berbincang bersama wartawan di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Sebelumnya Luhut pada Oktober 2019, yang saat itu menjabat Menteri Koordinator Kemaritiman pada Kabinet Kerja, mengatakan Jokowi mencalonkan Mari Pangestu sebagai pejabat di Bank Dunia.

"Saya sudah bertemu dengan Presiden World Bank yang baru. Dari situ saya melihat pertemuan dengan Malpass sangat bagus. Presiden Jokowi mencalonkan Ibu Mari Pangestu untuk jadi wakil di World Bank," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).


Menurut Luhut saat itu, Mari memiliki kualifikasi yang tepat untuk menjadi perwakilan Indonesia di Bank Dunia.

"Kita calonkan, dan Bu Mari Pangestu sangat qualified. Kita dorong atas perintah Presiden. Kalau perlu ke depan Presiden akan telepon sendiri ke organisasi itu untuk consider Indonesia masuk," kataanya.

Langkah Mari Pangestu mulus menuju Bank Dunia. Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2