Sri Mulyani Setop Aliran Dana ke 56 'Desa Hantu' di Sultra

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 15 Jan 2020 08:45 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Edi Wahyono)

Sri Mulyani mengatakan ada 56 desa yang tak lagi mendapatkan dana desa. Pembekuan transfer dana desa tersebut dimulai sejak penyaluran tahap ketiga 2019.

Dirinya menjelaskan bahwa pembekuan penyaluran dana desa ke 56 desa berlaku hingga adanya bukti bahwa desa-desa tersebut bukan fiktif. Artinya memang berhak memperoleh kucuran dana tersebut.

"Penyaluran dana desa tahap ketiga tahun 2019 untuk keseluruhan 56 dihentikan sampai kami mendapatkan kejelasan status desa tersebut baik secara hukum maupun secara substansi fisiknya memang ada," jelasnya.

Setelah pihaknya mengungkapkan adanya desa fiktif, banyak aduan yang masuk ke instansi yang mengelola keuangan negara tersebut.

"Memang begitu kami menyampaikan desa fiktif memang jadi cerita yang banyak sekali di media yang bagus, karena banyak masyarakat yang kemudian banyak mengatakan 'bu ada juga di daerah sini, daerah sini'," ungkapnya.

Dirinya pun meminta agar kementerian terkait yang sudah dia sebutkan di atas untuk menyempurnakan data-data pendukung untuk memastikan dana desa tersalurkan dengan tepat sasaran.

"Kami akan terus meminta kepada Kemendagri, Kemendes untuk terus memperbaiki databasenya. Kami bekerja berdasarkan seluruh bukti, baik yang secara legal maupun secara fisik memang ada desa tersebut," lanjutnya.

Bagaimana kronologi terungkapnya 56 desa yang terindikasi fiktif?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3