Giliran Pengusaha Muda Ngeluh ke Jokowi soal Ruwetnya Perizinan di RI

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 15 Jan 2020 12:35 WIB
Foto: Presiden Jokowi menghadiri pelantikan pengurus HIPMI 2019-2022 (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mencurahkan keresahannya terkait izin usaha langsung di hadapan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVI Mardani H. Maming saat pengusaha muda hendak memulai bisnis kerap kali dihadang oleh perizinan yang berbelit-belit.

Untuk itu, Mardani memohon kepada Jokowi agar masalah perizinan usaha ini dapat segera dimuluskan negara agar semakin banyak anak muda Indonesia yang berkenan tumbuh sebagai pengusaha besar.

"Kita sering terhalang oleh perkara perizinannya yang susah untuk didapatkan, untuk itu di sini saya mohon kepada bapak presiden untuk memberi dukungan kepada kami, para anak muda," ujar Mardani di Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Rabu (15/1/2020).


Mardani menceritakan pengalaman dirinya bersama anak-anak muda lainnya yang mau membuka usaha kedai kopi di kampus-kampus.

Semua proses disebutnya sudah dilewati, namun ketika masuk ke tahap perizinan langsung bermasalah.

"Kita mau membuka HIPMI Kopi, sudah dipresentasikan di UI (Universitas Indonesia) tapi ada kendala, sudah siapkan modalnya, sudah menyiapkan tempat kopinya, tapi perizinannya belum dapat. Kita berurusan sama dekan, deal harganya udah, tapi saat turun ke lapangan ternyata tidak bisa, nego lagi, harus melalui ibu Maya, saya nggak tahu ibu Maya itu siapa pak," ungkapnya.

Menurutnya, untuk bisa buka kedai kopi di sana harus menawarkan produk yang berbeda jauh dari pesaing yang sudah berdiri lebih dulu di tempat tersebut.



"Yang pasti di sana disampaikan, kalau mau menjual HIPMI Kopi, tidak boleh sama dengan punya Ibu Maya. Saya menduga duga apakah Ibu Maya itu istrinya pak Rektor apa gimana," katanya sambil bergurau.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi hari ini, Rabu (15/1/2020) menghadiri pelantikan BPP HIPMI XVI di Ballroom Hotel Raffles Jakarta.

Pada masa kepengurusan periode 2019-2020 ini terpilihlah Mardani H. Maming sebagai Ketua Umum BPP HIPMI

HIPMI di bawah kepemimpinan Mardani akan diarahkan kepada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengusaha muda demi menyambut era bonus demografi.

Simak Video "Jokowi Cerita Soal Pesannya ke Sandiaga 'Hati-hati 2024' "
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)