Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Jan 2020 10:16 WIB

Ditjen Pajak Ajarkan Perwira TNI Isi SPT

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Sosialisasi SPT Pajak/Trio Hamdani Foto: Sosialisasi SPT Pajak/Trio Hamdani
Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan pagi ini melakukan sosialisasi pengisian surat pemberitahuan tahunan (SPT) kepada Perwira Menengah (Pamen) Pamen di Kodam Jaya/Jayakarta. Ada 255 peserta yang hadir dalam sosialisasi pengisian SPT pajak.

Sosialisasi yang diberikan adalah cara melaporkan SPT online melalui e-Filing pajak.

"Tentunya dengan teknologi kita manfaatkan, makanya hari ini kita coba. Sebenarnya sudah beberapa tahun ini kita gunakan e-Filing, jadi pelaporan melalui elektronik," kata Kepala Kanwil DJP Jakarta Timur Afran di Aula Sudirman Makodam Jaya/Jayakarta, Jakarta Timur, Kamis (16/1/2020).


Dia menjelaskan pengisian SPT secara elektronik memberikan banyak kemudahan bagi wajib pajak.

"Ada beberapa hal yang bisa kita dapatkan dengan e-Filing yaitu pelaporan penyampaian SPT itu melalui elektronik, kemudahan. Mudah karena tadi di sana teman-teman akan ada panduannya. Jadi akan mudah, langsung berinteraksi di sana, ada petunjuk dan pedomannya, jelasnya.

Selain itu, kemudahan lain yang didapat adalah efisien karena tak perlu repot-repot datang ke kantor pelayanan pajak.


"Teman-teman nggak perlu langsung ke kantor pajak untuk sampaikan pelaporannya. Kalau dulu kan kita menyampaikan langsung ke kantor pajaknya, tapi sekarang cukup bapak di kantor, bapak mungkin di rumah atau sambil ada waktu santai sedikit bisa menyampaikan pelaporan melalui elektronik," lanjutnya.

Terakhir, dia menjelaskan pengisian SPT secara elektronik bisa dilakukan kapan saja selama 24 jam.

"Ya 24 jam karena secara online kapan bapak buka, jadi kita siapkan website DJP onlinenya, sudah buka sudah pasti bisa. Tinggal bapak siapkan yang memang dipersyaratkan SPT-nya dan lampirannya di sana, tinggal menyampaikannya secara elektronik," tambah dia.


Ditjen Pajak Ajarkan Perwira TNI Isi SPT


Simak Video "Gelar Razia, Petugas Temukan Mobil Mewah Nunggak Pajak 7 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com