2 Tahun Ribut-ribut, AS-China Mulai Rujuk soal Perang Dagang

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 17 Jan 2020 06:51 WIB
2 Tahun Ribut-ribut, AS-China Mulai Rujuk soal Perang Dagang. Foto: Reuters
Jakarta - Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China berlangsung hampir dua tahun lamanya. Akhirnya dua negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia menandatangani kesepakatan gencatan senjata pada Rabu, (15/1/2020).

Presiden AS Donald Trump menandatangani apa yang disebut kesepakatan perdagangan fase satu dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He, yang memimpin tim negosiasi Beijing, Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer serta Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Trump juga menyatakan terimakasih kepada Presiden China Xi Jinping dan mengatakan dia akan berkunjung ke China dalam waktu tidak terlalu jauh.

Dalam sebuah kesempatan, Jinping pun menyatakan bahwa dirinya menyambut kesepakatan perdagangan fase satu yang tercapai dengan AS.

Trump mengatakan bahwa kesepakatan perdagangan fase satu dengan China menjadi sebuah terobosan. Pemerintah AS mengatakan perjanjian itu akan mengurangi beberapa tarif dan memungkinkan China lepas dari pajak tambahan dari hampir US$ 160 miliar terhadap barang-barangnya.

Pemerintahan Trump juga sudah menerima komitmen China untuk membeli produk pertanian bernilai miliaran dolar AS.

Lantas apakah kesepakatan antara AS dan China mengakhiri perang dagang?
Selanjutnya
Halaman
1 2 3