Nadiem Makarim Buka-bukaan soal Kerja Sama dengan Netflix

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 17 Jan 2020 16:01 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim buka-bukaan terkait keputusan Kemendikbud bekerja sama dengan Neftlix. Hal itu diungkapkannya saat menjadi pembicara dalam gelaran Indonesia Millenial Summit (IMS) 2020, di The Tribrata, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Nadiem mengatakan keputusannya adalah untuk mengembangkan budaya dan seni Indonesia. Ia mengingatkan bahwa dirinya bukan hanya sebagai Menteri Pendidikan, melainkan juga Menteri Kebudayaan.

"Jangan lupa saya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Saya punya mandat untuk mengembangkan budaya dan seni Indonesia," kata Nadiem.

Nadiem berkeinginan untuk menonjolkan kreatifitas Indonesia di panggung dunia. Salah satunya melalui film, yang potensinya sangat besar. Neftlix dipilihnya karena memiliki jumlah penonton yang terbesar.



"Kita harus bikin budaya kita atau karya dari creator-creator Indonesia mana yang paling bisa menonjolkan talenta kreatifitas Indonesia di panggung dunia. Film potensinya sangat besar, oke gimana caranya mendistribusi film Indonesia kepada dunia sebesar mungkin," ucapnya.

"Jumlah penonton di bioskop itu kecil, yang terbesar di dunia Neftlix. Yaudah itu jadi pilihan kita. Distribusi film yang paling cepat ya Neftlix," ungkapnya.

Nantinya, scriptwriter dari Indonesia akan dikirim ke Hollywood untuk mengikuti pelatihan. Untuk seleksinya sendiri, akan dilakukan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Neftlix.

"Scripwriter yang dipilih akan dibawa ke Hollywood. Itu nanti proses seleksinya Neftlix dan Kemendikbud. Nanti kita umumkan (waktunya)," katanya.



Simak Video "SMK dan Perguruan Tinggi Semua Zona Diizinkan Praktik di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)